Harga Rumah Di Desa Ini Hanya Rp16 Ribuan, Minat?

Ilustrasi jual rumah
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Salah satu impian setiap orang ketika telah menikah adalah memiliki rumah pribadi. Tak jarang banyak pasangan kekasih, sebelum menikah, mereka mulai menabung, dan mempersiapkannya untuk membeli rumah idaman. Namun kini, harga hunian sangat tinggi. Ini seringkali jadi penyebab, mengapa banyak orang menunda membeli rumah.

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

Namun, hal itu tidak berlaku jika Anda berada di salah satu desa di Italia. Desa Ollolai telah menawarkan kesempatan memiliki rumah seharga 1 Euro atau setara dengan Rp16 ribu.

Dilansir laman Independent, desa yang terletak di wilayah Barbagia, Italia ini telah membuat inisiatif tersebut sejak tahun 2015 dengan tujuan untuk menarik lebih banyak penduduk. Mengingat populasi daerah tersebut yang terus berkurang hingga menjadi 1.300, dengan beberapa bayi lahir setiap tahunnya.

Menpan-RB Sebut Setiap ASN di IKN Dapat Satu Unit Hunian Apartemen Seluas 98 Meter Persegi

Walikota Ollolai, Nicola Gatta, mengatakania ingin menaikkan jumlah penduduk daerah itu kembali seperti di tahun 1990-an, ketika kota itu dikenal sebagai "Napoli Kecil" yang mencapai 8.000 jiwa, setelah itu, jumlah penduduk menyusut menjadi 2.700 jiwa.

Sebanyak 200 rumah yang ditawarkan dengan harga murah itu pun diketahui bukanlah rumah baru melainkan rumah lama.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena pihak pemerintah akan menyediakan uang sekitar 20 ribu Euro hingga 30 ribu Euro atau setara dengan Rp320 juta hingga Rp480 juta untuk merenovasi rumah itu.

Meski begitu, skema yang ditawarkan itu, peserta harus berkomitmen untuk memperbaiki properti tersebut dalam waktu tiga tahun sejak pembelian, dan hanya dapat menjualnya setelah lima tahun.

Sejak diluncurkan oleh berbagai media selama enam bulan terakhir, pada akhir 2017 jumlah aplikasi meningkat menjadi 120, dengan penawaran paling banyak datang dari luar negeri.

Salah satunya dolce yang ingin berkomitmen untuk menjadi penduduk tetap, menyewa rumah di kota tersebut dan berpenghasilan lebih dari 7.500 Euro atau setara dengan Rp120 juta per tahun.

Jika Anda memenuhi persyaratan, pemerintah akan membayar   800 Euro atau setara dengan Rp 12,8 juta untuk single dan 1.200 Euro atau setara dengan Rp19,2 juta untuk pasangan. Keluarga dengan lima orang anggota akan menerima lebih dari 2.000 Euro atau setara dengan Rp32 juta.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya