Tips dan Trik Bersihkan Kotoran Rumah

Ilustrasi pecahan kaca
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Membersihkan rumah, terkadang menjadi sesuatu yang sangat menyulitkan. Karenanya, kita harus mempunyai cara tepat dalam membersihkan rumah dengan efektif dan efisien.  

3 Tips Jaga Udara dalam Ruangan agar Selalu Segar

Di internet banyak sekali tips dan trik berguna untuk diterapkan untuk membersihkan rumah. Mulai dari membersihkan noda dinding hingga kotoran di perabotan. 

Dilansir dari Nine, Jumat 9 Febuari 2018, berikut adalah lima tips dan trik membersihkan kotoran di rumah yang dapat ditemukan di internet.

Lakukan 5 Pekerjaan Rumah Tangga Ini, Kurangi Risiko Demensia

1. Sweater mengecil

Wabah Corona, Ini 5 langkah Mendisinfeksi Rumah agar Bebas Virus

Ketika mencuci menggunakan mesin cuci, tak jarang sweater berubah ukuran menjadi mengecil. Salah satu cara mudah mengembalikan ukuran pakaian tersebut agar seperti sedia kala, dengan merendamnya menggunakan air hangat, yang sudah dicampurkan 1/3 cangkir sampo atau kondisioner rambut. 

Rendam dan biarkan selama 10 menit,  setelahnya peras lalu ambil handuk kering untuk menyerap air yang masih menempel di sweater. Setelah pakaian lembap, letakan di atas wadah rata, dan perlahan rengangkan hingga mencapai ukuran yang diinginkan. Lalu biarkan hingga kering, dalam keadaan tetap rata. 

2. Menghilangkan noda deodorant

Noda putih yang menempel pada pakaian akibat deodorant dapat menurunkan kepercayaan diri. Salah satu cara menghilangkannya, dengan cara mencuci pakaian tersebut dengan digantung. 

Dengan menggantung pakaian akan lebih mudah dalam proses menggosok pakaian. Pertama, gantungkan pakaian tersebut, lalu tambahkan sabun pada kedua sisi, dan gosokan hingga noda yang menempel terangkat. 

3. Menghilangkan debu pada layar komputer dan keyboard

Semakin sering digunakan, layar komputer atau laptop dapat tertutup dengan debu yang menempel, begitu pula dengan keyboard. Salah satu cara menghilangkannya, dengan menggunakan kain microfiber dengan larutan air dan cuka. Pertama, celupkan kain microfiber ke dalam larutan air dan cuka, lalu peras, dan bersihkan dengan gerakan memutar. 

4. Membersihkan pecahan kaca

Membersihkan pecahan kaca memang tidak mudah, terkadang bagian-bagian kecil pada pecahan kaca tersebut masih tersisa di lantai yang dapat berbahaya jika terinjak. Salah satu cara terbaik membersihkannya, dengan potongan roti. 

Pertama ambil satu helai roti, dan lap bagian pecahan kaca menggunakan potongan roti tersebut. Bagian-bagian kecil yang tersisa akan hilang, dan jatuh ke lantai. 

5. Menghilangkan noda glitter

Terkadang anak Anda mengerjakan banyak tugas prakarya menggunakan bahan glitter, hingga menempel pada furnitur. Salah satu cara mudah untuk menghilangkannya dengan cara menggunakan play doh. Pertama ambil play doh dan letakan di atas sisa glitter, dan gulungkan hingga glitter terangkat seluruhnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya