5 Cara Murah dan Mudah Usir Semut di Rumah

Semut/Ilustrasi
Sumber :
  • Pixabay/ StockSnap

VIVA – Meskipun semut merupakan binatang yang kecil, namun jika dalam jumlah yang banyak dan berkeliaran di rumah, ini seringkali terasa menjengkelkan.

Kisah Semut yang Turut Bertasbih pada Allah, Ini Dalil Menurut Hadis

Tak hanya membuat rumah terlihat kotor, semut kadangkala juga merusak perabot di rumah. Jejak panjang mereka mengarah ke liang tanah atau meja dapur dan bukan hal yang mudah untuk mengusirnya.

Mereka berbaris ratusan panjangnya dan mengarah pada makanan kesukaan Anda yang dibiarkan terbuka. Semut muncul tiba-tiba dan entah dari mana mereka datang. Dan tahukah Anda bahwa beberapa semut ratu bisa melahirkan jutaan bayi?

Viral TikToker Ini Eksperimen Buat Agar-agar Semut Terus Mukbang

Dilansir laman Times of India, meskipun membunuh semut bukanlah ide bagus tapi Anda sebenarnya bisa menghentikan tamasya mereka ke rumah Anda. Berikut adalah beberapa tips mudah dan murah mengusir semut dari rumah.

Cuka

Suzuki Grand Vitara Mulai Dikirim ke Pembeli, Cara Efektif Mengatasi Semut di Dalam Mobil

Cuka adalah bahan serbaguna yang bisa dimanfaatkan di rumah. Anda harus sedia bahan dapur ini di rumah. Karena, bisa juga dimanfaatkan untuk mengusir semut. Caranya, campur cuka putih dan air dalam jumlah yang sama dan bersihkan meja dapur, lemari dan tempat di mana saja yang biasa menjadi tempat semut berkumpul. Terus ulangi sepanjang hari. Semut membenci bau cuka dan solusinya juga menghilangkan jejak aroma mereka.

Boraks

Anda bisa mencampur Boraks dan gula dan tempatkan campuran tersebut di tempat semut bisa menemukannya. Tapi hati-hati jika Anda memiliki anak kecil dan hewan peliharaan di rumah, campuran ini bisa menjadi racun. Boraks merusak sistem pencernaan dan kerangka semut yang mengakibatkan kematian.

Kulit jeruk

Biarkan kulit jeruk berada di tempat di mana semut senang berkumpul. Kulit ini beracun bagi jenis jamur yang dimakan semut, jadi semut akan melakukan yang terbaik untuk menghindarinya. Anda juga bisa menggunakan jeruk lemon.

Tepung

Semut tak suka berjalan di atas tepung, karenanya, Anda bisa memercikkannya di bagian belakang rak dapur dan titik masuk semut.

Garam

Taburi garam di atas kusen pintu atau di area yang biasa dilewati semut, dan lihat bedanya. Semut akan memilih jalan lain untuk menghindari taburan garam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya