Menjauhkan Nasib Buruk dengan Dekorasi Imlek

Ilustrasi-Sejumlah ornamen perayaan imlek
Sumber :
  • VIVA/ Isra Berlian

VIVA – Ketika perayaan Imlek datang, hampir seluruh warga keturunan China menghias rumahnya dengan dekorasi Imlek. Dekorasi melibatkan warna merah dan beberapa karakter yang melambangkan keberuntungan. 

Viral Pengunjung Mal Padati Perayaan Imlek di Bandung

Dilansir dari China Lights, Jumat, 16 Febuari 2018, ternyata setiap hiasan tersebut memiliki makna. Mulai dari membawa keberuntungan hingga menjauhkan nasib buruk.

Berikut adalah beberapa ornamen dekorasi Imlek beserta maknanya. 

Bikin Imlek Penuh Keberuntungan dengan 9 Bunga dan Tanaman Ini

1. Lampion atau lentera merah

Selama Tahun Baru Imlek, tidak jarang melihat banyak lentera berwarna merah digantungkan di berbagai pusat pembelanjaan dan rumah. Ternyata menggantung lentera berwarna merah di depan pintu selain sebagai dekorasi, juga diyakini dapat mengusir nasib buruk.

Atraksi Barongsai Hingga Pameran Satwa Meriahkan Perayaan Imlek

Imlek 2018 di Jakarta, dekorasi perayaan di mal Ciputra

Lampion merah, dekorasi wajib saat Imlek.

2. Pasangan di dalam ucapan tahun baru

Mungkin Anda merasa penasaran apa arti pasangan yang saling berhadapan yang selalu ada di kartu ucapan tahun baru. Harapan tahun baru biasanya diucapkan secara berpasangan, karena simbol angka genap yang diartikan dengan keberuntungan.

Biasanya dalam kartu ucapan tersebut terdapat kaligrafi China dengan tinta hitam di atas kertas merah. Hal tersebut diartikan kemakmuran dan perbaruan hal-hal positif di tahun berikutnya. 

3. Stiker karakter

Stiker kaligtafi yang sering ditempel pada jendela diartikan sebagai keberuntungan. Ternyata setiap karakter memiliki arti yang berbeda-beda.

Seperti buah persik perlambang umur panjang, buah delima perlambang kesuburan, bebek melambangkan cinta, pohon pinus melambangkan abadi, peony melambangkan kehormatan dan kekayaan, sedangkan burung murai di atas pohon plum melambangkan keberuntungan yang akan datang. 

4. Lukisan tahun baru

Lukisan tahun baru atau niánhuà disisipkan di pintu dan dinding bertujuan untuk elemen dekoratif sekaligus simbol salam Tahun Baru. Biasanya terdapat gambar seorang tokoh legendaris dan tanaman yang indah. 

5. Karakter upside down
Hampir sama dengan ucapan tahun baru, kaligrafi kertas dengan karakter China terbalik pada dasarnya bukan karena tidak sengaja. Karakter fu yang sengaja dibalik memiliki arti nasib baik dan curahan keberuntungan. Sehingga siapapun yang melewati pintu akan mendapat keberuntungan.

Pernak pernik Imlek

Macam-macam pilihan dekorasi khas Imlek.

6. Pohon kumquat

Dalam bahasa Kanton, kumquat disebut gam gat.  Kata gam adalah kata Kanton untuk 'emas', dan kata gat diasosiasikan dengan 'keberuntungan'. Oleh karena itu, memiliki pohon kumquat di rumah melambangkan kekayaan dan keberuntungan. 

7. Bunga mawar

Tahun Baru Imlek, juga disebut Festival Musim Semi, menandai awal musim semi. Menghias rumah dengan bunga mekar, yang melambangkan musim semi dan keinginan untuk tahun baru yang makmur. Selain bunga mawar, tanaman lainnya yang digunakan cabang bunga prem, anggrek, peoni, dan bunga peach.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya