Musim Hujan, Ini yang Harus Dilakukan Sebelum Banjir Datang

Ilustrasi Banjir
Sumber :
  • Pixabay/Mansi91

VIVA – Musim hujan datang. Curah hujan yang tinggi dan tiada henti membuat sejumlah daerah rawan banjir harus siaga. Sebab, tidak ada yang dapat menebak kapan datangnya banjir.

Bandara Dubai Beroperasi Kembali Setelah Banjir Bandang

Tak bisa dipungkiri, banjir besar bukan hanya menjadi bencana yang melumpuhkan suatu wilayah. Banjir besar juga bisa merusak rumah bahkan memberi dampak kerugian besar.  

Namun jika Anda mengetahui apa yang harus dilakukan sebelum banjir datang, Anda bisa meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi. Mulai dari mengurangi beberapa kerusakan akibat air banjir, hingga mencegah terjadinya penyakit. Dilansir laman Nation Wide, berikut adalah beberapa tips yang harus dilakukan sebelum banjir datang.

Viral Video Detik-detik Seekor Kucing Diselamatkan di Tengah Banjir Melanda Dubai

1. Pastikan Anda memiliki asuransi

Asuransi rumah standar umumnya tidak menutupi kerusakan akibat banjir, sedangkan bantuan dari pemerintah hanya datang saat bencana besar terjadi. Sebaiknya Anda mencari asuransi yang dapat meng-cover segala keadaan rumah Anda, baik dalam kondisi kebakaran, hingga kebanjiran.

Viral Aksi Warga Dubai Tarik Mobil saat Banjir Pakai Jetski

2. Rapikan rumah Anda

Jika Anda tinggal di kawasan rawan banjir, yang harus Anda lakukan ketika musim hujan ini adalah siaga. Pastikan saluran air tidak mengalami sumbatan. Kemasi barang-barang elektronik, dan pindahkan ke tempat yang lebih tinggi di rumah Anda. Jika memiliki rumah dua lantai, Anda dapat memindahkan peralatan elektronik seperti televisi, mesin cuci, hingga lemari es ke lantai dua agar lebih aman, dan tidak tergenang.

3. Tetap tenang

Ketika banjir mulai datang dan menggenangi rumah, hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang. Pertama amankan keluarga Anda, bawa keluarga menuju tempat pengungsian yang lebih aman. Namun jika Anda masih memiliki waktu, jangan lupa untuk mematikan saklar listrik di rumah untuk menghindari konslet listrik, pindahkan barang-barang berharga seperti surat-surat dan sertifikat berharga, amankan sanitasi di rumah, dan air bersih agar tidak terkontaminasi dengan air banjir. Jika Anda masih memiliki kesempatan untuk pergi menggunakan mobil, bergegaslah untuk berpindah ke daerah yang lebih tinggi, dan jangan mencoba melewati banjir lebih dari 6 inchi karena dapat membahayakan Anda seperti tergelincir atau terbawa arus.

4. Buat laporan kepada pihak asuransi

Ketika banjir telah surut, dan bisa kembali ke rumah dengan aman, yang harus dilakukan adalah memeriksa kerusakan yang terjadi di rumah Anda. Jika suasana gelap, jangan menyalahkan saklar listrik terlebih dahulu sebelum rumah Anda benar-benar bersih. Gunakan lilin atau lampu senter sebagai penerangan. Potret setiap kerusakan di rumah Anda, dan buat laporan mengenai kerusakan kepada pihak asuransi secepatnya agar dapat diproses. Pisahkan barang-barang yang masih dapat digunakan dan tidak dapat digunakan. Terakhir bersihkan rumah secara menyeluruh, jangan lupa menggunakan sarung tangan dan alas kaki untuk melindungi tubuh dari kuman, benda-benda berbahaya, hingga serangga yang mungkin saja terbawa oleh banjir masuk ke rumah Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya