Tren Dapur 2018, Desain Lebih Intim

Ilustrasi dapur modern
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tasya Paramitha

VIVA – Dapur, bukan hanya sekadar tempat untuk meramu dan menyiapkan makanan. Fungsi dapur kini telah berubah, bahkan sudah jadi bagian dari prestise.

Punya Dapur Dicap Mampu? Warga Miskin Jakarta Dicoret dari KJP Plus dan KJMU

Tak heran jika dapur punya tren tersendiri. Di tahun 2018 ini, desain dapur mengarah pada tren yang lebih intim sebagai bagian dari ruang keluarga untuk saling berinteraksi. Tak hanya itu, tren desain dapur saat ini, lebih fungsional, efisein, dan nyaman. Berikut tren-nya dilansir laman Homedit.

Dilengkapi dengan teknologi canggih

Momen Sheila Dara Ngiris Bawang Disorot, Vidi Aldiano: Mau Diukir atau Dipahat?

Salah satu elemen yang meliputi tren 2018 ini adalah dapur dengan teknologi caggih yang dapat membantu aktivitas dapur jadi lebih mudah. Yang dimaksud teknologi canggih adalah tidak ada lagi penggunaan kompor kayu, kini sudah banyak orang memilih menggunakan kompor gas atau bahkan listrik.

Tak hanya itu, tren dapur masa kini, tidak lagi menggunakan wastafel yang mudah bocor atau tersumbat, namun wastafel berteknologi yang dapat menghancurkan sisa makanan secara langsung sehingga mencegah aliran air tesumbat. Serta tidak ada lagi desain ruangan yang berbahaya, dengan ujung sisi lancip namun sudah dilapisi dengan lapisan lembut, sehingga tidak membahayakan.

Pemilik Pisau Dapur Dekat Jasad Anak Pamen TNI AU yang Tewas di Halim Masih Jadi Misteri

Dapur termahal di dunia

Fungsional

Dapur saat ini tidak hanya digunakan oleh ibu rumah tangga, anak-anak hingga kepala rumah tangga semuanya dapat menggunakan dapur dengan nyaman. Ini, karena tata letak setiap furnitur yang ada harus mudah dijangkau. Namun penting diperhatikan, ketika seluruh keluarga menggunakan dapur tersebut. Atur pencahayaan dengan baik agar siapapun dapat melihat dengan jelas, serta letakkan barang-barang yang diperlukan seperti bumbu dapur di tempat yang mudah dicapai. Selain itu nilai fungsional juga penting diperhatikan, terutama pada dapur dengan luas mini. Pergukanlah rak bukan hanya sebagai tempat menyimpan bahan-bahan makanan, namun juga peralatan memasak seperti oven atau penanak nasi, sehingga masih tersisa ruang lebih di dapur tersebut.

Ramping dan modern

Selain memiliki fungsi yang baik, desain dapur pun perlu diperhatikan. Dapur dibuat seminimalis mungkin sehingga mempermudah orang yang menggunakan. Walau minimalis namun tetap bergaya sehingga terlihat modern. Perlu diingat, dapur kini bukan lagi tempat meletakkan seluruh alat masak ataupun alat makan. Jika dapur terlalu banyak diisi perabot, ini akan membuatnya terasa sumpek. Untuk itu, minilasir penggunaan barang. Karenanya gunakan dekorasi secukupnya, dan buatlah ruang penyimpanan, seperti membuat kitchen island di bagian tegah dapur. Bagian atas dapat digunakan sebagai tempat memasak, dan bagian bawah dapat digunakan sebagai ruang penyimpanan.

Tradisional namun tetap bergaya

Bagi pencinta dapur tradisional, tak usah khawatir tidak mendapatkan dapur sesuai dengan selera yang dinginkan. Dapur bergaya tradisional juga masih jadi tren di tahun ini. Namun tetap, dapur tradisional didesain tidak berlebihan sehingga masih tetap terlihat unsur modern di dalamnya. Caranya menggunakan warna netral sebagai dasar seperti warna putih sebagai dinding dan beberapa perabotan, namun dipadukan dengan unsur tradisional seperti lemari vintage, lampu gantung antik, hingga taplak meja dengan motif tradisional.

Ilustrasi Jungalow dapur

Minimalis

Tidak semua dapur dibuat dengan lahan yang luas. Kini dapur dengan ukuran kecil juga masih menjadi tren di tahun ini. Apalagi, untuk mereka yang tinggal di rumah tipe 21, atau apartemen. Tren dapur mini, juga bisa dibuat dengan tipe rumah minimalis. Untuk membuat desain dapur yang minimalis, gunakan desain simpel sesuai dengan kebutuhan, gunakan furniture secukupnya, dan buat tempat penyimpanan tersembunyi seperti menggunakan laci gantung atau lemari gantung. Sehingga, tidak terkesan berantakan dan lebih terlihat rapi.

Ilustrasi dapur

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya