Cara Mengusir Serangga di Rumah Tanpa Produk Kimia

Lalat.
Sumber :
  • Pixabay/ Gwendoline63

VIVA – Keberadaan serangga, mulai dari kecoak, semut, nyamuk, kutu kasur hingga lalat, seringkali terasa menjengkelkan. Banyak orang memilih menggunakan semprotan berbahan kimia untuk mengusirnya.

Mengonsumsi Serangga Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Tubuh, Apa Saja?

Namun, sebuah studi mengungkap, menggunakan semprotan berbahan kimia bisa menimbulkan bahaya kesehatan untuk anggota keluarga. Bahkan, berisiko menyebabkan kanker pada anak.

Jadi, tak ada salahnya mencari cara lebih ramah lingkungan untuk mengusir serangga-serangga menjengkelkan tersebut.

Serangga Ini Kuasai AS, Padahal Sempat Terancam Punah

Dilansir laman MNN, Anda perlu tahu, anak-anak yang sering terpapar pestisida atau semprotan berbahan kimia di rumah mungkin memiliki peningkatan risiko kanker tertentu, menurut sebuah penelitian.

Sebuah tinjauan terhadap 16 penelitian yang dilakukan sejak tahun 1990-an menemukan bahwa anak-anak yang telah berada di sekitar pestisida rumahan memiliki kesempatan lebih besar untuk mengembangkan kanker darah leukemia dan limfoma.

Cara Kerja Nyamuk Wolbachia, Inovasi Baru untuk Atasi Penyebaran DBD di Indonesia

Para periset menemukan bahwa anak-anak yang pernah terkena insektisida dalam ruangan 47 persen lebih mungkin didiagnosis menderita leukemia pada masa kanak-kanak dan 43 persen lebih mungkin didiagnosis menderita limfoma masa kanak-kanak daripada anak-anak yang tidak pernah terpapar bahan kimia tersebut.

"Kami tidak tahu 'berapa banyak' pemaparan," kata peneliti senior yang juga profesor Biologi Pemaparan Lingkungan, Chensheng (Alex) Lu dari Harvard School of Public Health di Boston.

"Saya pikir penting untuk menyampaikan informasi ini kepada para orang tua, dan biarkan mereka menggunakan penilaian terbaik mereka sendiri," kata Lu.

Untuk tinjauan ulang, yang dipublikasikan pada jurnal Pediatrics, para peneliti melihat hubungan antara kanker anak-anak dan insektisida dalam ruangan, insektisida luar dan herbisida. Mereka juga menemukan bahwa anak-anak yang terpapar herbisida 26 persen lebih mungkin mengembangkan leukemia pada masa kanak-kanak. Mereka tidak menemukan kaitan antara kanker dan insektisida luar.

Meski demikian, Anda tak perlu khawatir. Masih ada cara alami yang bisa dilakukan untuk mengusir serangga di rumah. Berikut tips-nya.

Semut

Tak perlu menggunakan semprotan berbahan kimia. Cukup dengan jus lemon, kayu manis dan permen saja untuk mengusir semut di rumah. Ini adalah beberapa solusi sederhana untuk mencegah semut menyerang rumah Anda.

Lalat

Mungkin sekantong air  bisa menahan mereka untuk tidak masuk ke rumah Anda. Dan usahakan, tidak ada sisa-sisa makanan seperti sayuran dan buah di rumah. Pemanis buatan juga bisa menjadi pestisida yang aman, menurut sebuah studi. Namun, tak hanya lalat, serangga lain juga bisa diusir dengan pemanis buatan.

Kecoak

Perlu beberapa saat untuk menyingkirkan makkhlu ini, namun ada beberapa metode yang tidak beracun untuk mengusir kecoak ke luar dari rumah Anda.  Bisa dimulai dengan bersih-bersih, dan kemudian menyegel tempat di mana mereka masuk.

Kutu

Gunakan penyedot debu untuk memusnahkan kutu-kutu penyebab gatal di kursi maupun karpet rumah. Atau, lakukan pencucian karpet dan sofa secara rutin agar kutu tak terlalu lama bersarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya