10 Cara Alami Usir Nyamuk dari Rumah

Daun Mint
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Banyak penyakit yang bisa ditularkan lewat nyamuk. Mulai dari malaria, demam berdarah, chikungunya, kaki gajah dan banyak lagi penyakit yang ditularkan melalui vektor, nyamuk.

Pahlawan Teknologi dari Surabaya Pencipta Alat Pengusir Nyamuk Tanpa Asap

Nyamuk pun bisa sangat leluasa berada di rumah, saat kondisi rumah kotor dan banyak genangan air. Selain rajin bersih-bersih dan menutup berbagai tempat yang bisa jadi sarang nyamuk, kebanyakan orang menggunakan insektisida kimia untuk membunuh nyamuk. Namun, bahan kimia pengusir nyamuk ternyata bisa menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang.

Jadi, jika Anda mencari cara alami untuk menyingkirkan nyamuk di rumah yang lebih aman dan ramah lingkungan, berikut adalah 10 cara untuk memaksa nyamuk "angkat kaki" dari rumah.

Mau Hunianmu Berkonsep Modern? Ini 5 Tips Simpelnya

Minyak nimba

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara membunuh nyamuk, cobalah minyak nimba karena minyak ini bertindak sebagai pengusir nyamuk dalam ruangan yang besar. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Mosquito Control Association menemukan bahwa mencampur minyak nimba dengan minyak kelapa dengan perbandingan 1:1 adalah cara yang efektif untuk menjaga agar nyamuk tidak betah bersarang di rumah. Cara menggunakannnya, bisa dioleskan ke kulit. Minyak ini merupakan agen antibakteri, anti-jamur, antivirus dan anti-protozoa yang manjur.

Coba Ganti Suasana Rumah Biar Gak Bosan Selama Pandemi

Nimba mengandung aroma yang tidak disukai nyamuk. Minyak ini akan melindungi Anda dari gigitan nyamuk setidaknya selama delapan jam.

Minyak kayu putih dan lemon

Disarankan oleh CDC (Pusat Pengendalian Penyakit) perpaduan minyak kayu putih dan lemon sangat efektif sebagai penolak serangga dalam ruangan. Minyak lemon dan minyak kayu putih bisa mengusir nyamuk karena komponen aktif cineole, yang memiliki khasiat antiseptik. Untuk membuat campuran ini, campurkan minyak lemon dan minyak kayu putih dalam proporsi yang sama dan gunakan di tubuh Anda.

Tips Praktis Hilangkan Kapalan Hanya Dengan Lemon Saja

Kamper

Bahan yang mudah didapat ini bisa menjadi jawaban bagaimana cara membunuh nyamuk di rumah. Terbuat dari ekstrak pohon, senyawa ini telah ditemukan memiliki aktivitas pengusir nyamuk terpanjang bila dibandingkan dengan produk alami lainnya. Cara menggunakannya, kapur barus di tempatkan di sebuah ruangan dan tutup semua pintu dan jendela. Biarkan seperti ini kira-kira lima belas sampai dua puluh menit.

Kemangi

Menurut data yang dipublikasikan di Jurnal Penelitian Parasitologi, kemangi diyakini sangat efektif dalam membunuh larva nyamuk dan membantu mengusir nyamuk. Apalagi, ajaran Ayurveda menganjurkan menanam kemangi di dekat jendela. Cara ini dijamin ampuh mencegah nyamuk masuk ke rumah. Tanaman ini memiliki khasiat yang tidak hanya membantu Anda menyingkirkan nyamuk di rumah Anda tapi juga mencegahnya memasuki rumah Anda.

Bawang putih

Bukan hanya sebagai obat alami yang efektif untuk membunuh nyamuk, bawang putih juga diyakini bisa mencegah banyak penyakit yang disebabkan oleh parasit ini. Mungkin baunya tidak enak, tapi itulah mengapa sebabnya nyamuk menjauh.

Bau bawang putih yang kuat dan tajam diketahui mencegah gigitan nyamuk dan bahkan mencegahnya memasuki rumah Anda. Jadi untuk menggunakan obat ini Anda bisa menghancurkan beberapa buah bawang putih, rebus di air dan gunakan air untuk disemprotkan di sekitar ruangan yang ingin Anda bebaskan dari nyamuk. Jika Anda benar-benar membenci nyamuk, Anda juga bisa menyemprotkannya di tubuh untuk menghindari gigitan nyamuk.

Bawang putih.

Minyak pohon teh

Ini memiliki banyak manfaat untuk kulit dan rambut serta merupakan agen antibakteri dan antijamur yang sangat kuat. Tapi tahukah Anda bahwa minyak pohon teh juga sempurna untuk mengusir nyamuk? Nah, bau dan sifat antijamur dan antibakteri membantu mencegah nyamuk menggigit Anda.

Jadi jika Anda ingin menggunakannya, Anda bisa menggosokkan beberapa minyak pohon teh ke kulit Anda atau menambahkan beberapa tetesnya ke alat penguap. Dengan cara ini aroma minyak pohon teh menyebar ke udara dan membunuh nyamuk di rumah.

Mint

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Bioresource Technology, minyak mint dan ekstrak mint sama efektifnya dengan obat nyamuk dalam ruangan lainnya. Anda bisa menggunakan daun mint untuk mengusir nyamuk dengan berbagai cara. Anda dapat memilih untuk menggunakannya dalam alat penguap untuk membantu menyebarkan aroma mint, atau oleskan minyak mint ke tubuh atau tanam pohon mint di luar jendela kamar Anda. Atau Anda bisa juga mencampurkan sedikit obat kumur rasa mint dengan air dan menyemprotnya di sekitar rumah Anda.

Lavender

Tidak hanya berbau wangi, aroma lavender juga bisa mengusir nyamuk. Aroma bunga ini seringkali sangat kuat dan tidak disukai nyamuk. Jika tertarik mengusir nyamuk dengan lavender, caranya mudah, bisa dijadikan penyemprot ruangan, atau oleskan pada kulit.

Minyak lavender.

Citronella

Minyak citronella adalah minyak esensial yang diekstrak dari rumput sitrun. Minyak ini bisa mencegah gigitan nyamuk. Cara lain yang bisa dilakukan bisa juga dengan memasukkan ekstrak ini ke dalam lilin atau menggunakannya dalam alat penguap untuk membantu Anda tetap bebas nyamuk dan bahkan bisa membunuh nyamuk.

Menanam pohon

Beberapa tanaman diyakini bisa mengusir nyamuk. Mulai dari pohon kemangi, mint, marigold, pohon lemon dan nimba hingga rumput citronella. Menanam tumbuhan tersebut di pekarangan rumah sangat efektif mencegah perkembangbiakan nyamuk dan membuat penghuni rumah aman dari gigitan nyamuk.

Laporan: Sella Maulidya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya