Tips Jitu Lindungi Rumah dari Bayang-Bayang Penyakit Flu

Ilustrasi ruang tamu.
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA – Setiap musim pancaroba, banyak orang yang mudah terserang flu dan batuk. Tentu saja, sakit flu akan mengganggu aktivitas dan menguras energi, membuat tubuh terasa lemas dan tak bertenaga.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Nah, selain menjaga kesehatan tubuh, ada salah satu cara mencegah flu yang dapat dilakukan ketika berada di dalam ruangan, yakni dengan mencuci tangan dan menghindari paparan udara bersin dari orang yang terkena flu.

Lalu, bagaimana ketika berada di dalam rumah? Rumah merupakan tempat teraman, namun jika tidak dijaga dengan benar, rumah dapat menjadi sarang penyakit yang menghantui Anda. Karenanya, penting untuk selalu menjaga kebersihan rumah. Berikut adalah tips membersihkan rumah dengan benar agar terhindar dari flu, seperti dilansir dari Fredericksburg, Senin, 5 Maret 2018.

Makin Sulit Dapat Hunian yang Layak di Jakarta, Ini Sebabnya

Bersihkan daerah yang sering digunakan

Beberapa daerah dan perabotan di dalam rumah lebih sering digunakan dibandingkan dengan yang lainnya, seperti gagang pintu, keran air, remote, hingga tombol flush toilet, yang sering disentuh sehingga menjadi salah satu media penularan, serta tempat bersarangnya kuman dan bakteri.

Anak Jaksel Boleh Seneng! Kawasan Senopati Dipercantik Lampu Estetik Bergaya Arsitektur Eropa

Beberapa barang lainnya yang sering Anda bawa dari luar seperti tas, dompet, smartphone, sepatu dan yang lainnya juga berpotensi membawa penyakit serta virus ke dalam rumah. Sebaiknya selalu bersihkan barang-barang yang sering digunakan tersebut menggunakan cairan anti-bakteri atau sabun pembersih untuk menghindari kuman dan virus yang menempel serta adanya penularan penyakit flu dari luar.

Bersihkan apapun dengan air panas

Saat musim flu datang, ketika membersihkan rumah sebaiknya menggunakan campuran air panas agar membunuh kuman dan bakteri yang ada di pakaian atau perabotan yang ingin dibersihkan.

Hal tersebut juga berlaku pada mainan anak-anak. Namun jika mainan tersebut terbuat dari plastik, sebaiknya rajin dibersihkan menggunakan alkohol dan kain bersih hingga seluruh kotoran yang menempel terangkat.

Menggunakan produk sanitary

Dalam sebagian kasus, menggunakan produk anti-kuman yang berbahan alami, dan tidak berbahaya bagi tubuh dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan bakteri dan virus yang menempel, serta bersarang di rumah.

Namun, jika Anda lebih menyukai cara yang alami, dapat menggunakan suhu panas microwave untuk membunuh kuman pada pakaian. Caranya, letakkan handuk atau pakaikan di dalam sebuah wadah, dan masukan di dalam microwave selama dua menit untuk membunuh atau menonaktifkan 99 persen patogen hidup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya