Ajukan Lima Pertanyaan Ini Saat Transaksi Beli Rumah

Ilustrasi rumah
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika ingin membeli rumah, mengingat bangunan rumah merupakan investasi maupun hunian yang akan ditempati dalam jangka panjang. Karenanya setiap detail sisi rumah harus diperhatikan dengan baik, agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Curhat Keluarga Australia Tak Mampu Beli Rumah, Meski Nabung 10 Tahun

Seperti dilansir dari Nine, ada beberapa hal yang harus ditanyakan pada pihak pengembang maupun pemilik rumah, sebelum Anda menyerahkan uang pembelian. Setidaknya lima pertanyaan ini:

1. Apakah lokasi sesuai dengan gaya hidup, anggaran, dan kebutuhan Anda?
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah lokasi, diskusikan dengan ahli properti untuk mencari tahu kesesuaian antara gaya hidup Anda dan rumah yang akan dibeli. Lihat juga lingkungan di sekitar, apakah dekat dengan supermarket atau transportasi umum yang dapat memudahkan kehidupan Anda.

Supaya Untung, Perhatikan Ini saat Akan Membeli Rumah

2. Apakah kondisi struktur bangunan masih baik, dan layak untuk ditinggali?
Menanyakan kondisi struktur bangunan sangat penting untuk keselamatan Anda di kemudian hari. Selain bertanya, periksalah dengan teliti apakah ada yang masih perlu Anda renovasi dan tidak.

3. Apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan harga properti wilayah tersebut?
Sebelum menerima harga yang ditawarkan oleh agen properti yang menjual rumah. Pastikan untuk melakukan survei harga properti di daerah tersebut. Bisa saja harga yang ditawarkan terlalu mahal, sehingga Anda harus melakukan penawaran untuk menemukan harga yang sesuai.

Tak Cuma Fokus Liburan, Milenial Juga Masih Bermimpi Beli Rumah

Ilustrasi cat rumah

4. Apa saja biaya tambahan yang dibebankan?
Tak dapat dipungkiri, membeli properti adalah proses yang panjang, dengan biaya yang cukup mahal. Selain harga bangunan dan tanah, ada beberapa hal yang harus masuk ke dalam list Anda, yakni biaya tambahan seperti perpindahan nama dalam sertifikat, notaris, dan masih banyak lagi.

5. Apakah ada efek jangka panjang di kemudian hari?
Sebelum memutuskan untuk membeli rumah tersebut atau tidak. Sebaiknya luangkan waktu untuk mempertimbangkan jangka panjang properti tersebut.

Lakukan penelitan, seperti apakah nantinya wilayah tersebut akan ada pembangunan besar-besaran, apakah ada efek yang akan Anda terima, dan bagaimana mengatasinya. Hal-hal tersebut sebaiknya ditanyakan supaya tidak mempersulit Anda kelak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya