5 Ide Dekorasi Perpustakaan Kekinian di Rumah

Mendekor rak buku di ruang tamu
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bagi pecinta buku, memiliki perpustakaan mini pribadi di rumah adalah sebuah impian. Namun sayangnya banyak orang yang menganggap membuat perpustakaan membutuhkan banyak ruang dan biaya.

Al-Quran Berusia 14 Abad Bakal DiJual Awal Bulan Ramadhan Nanti

Padahal, hanya dengan memaksimalkan ruangan yang ada di rumah, Anda dapat membuat perpustakaan pribadi yang indah dan nyaman. Jika Anda bingung, coba beberapa ide berikut ini.

1. Pembatas ruangan

Perpustakaan Bumi Desa Sidareja, Persembahan untuk Generasi Muda


Jika menerapkan konsep open space di rumah Anda membagi antara satu ruang dengan ruang lainnya, dapat dilakukan dengan menggunakan rak buku. Dengan begitu Anda dapat membagi ruang antara ruang keluarga dengan ruang tamu, atau dengan ruang makan dengan mudah, dan tanpa biaya mahal.

2. Manfaatkan lorong

Belajar Hidup dengan Literasi Rumah Baca Aksara


Jika Anda memiliki ruang kosong terdapat lorong, jangan bingung akan cara mendekorasi lorong tersebut. Cukup gunakan rak atau kabinet di sepanjang lorong tersebut, dan susun rapi buku-buku koleksi Anda. Dengan begitu koleksi buku Anda tersebut akan menyatu dengan dekorasi rumah Anda.

3. Gunakan rak berbagai bentuk


Bentuk rak dinding tidak hanya berbentuk lingkaran, atau persegi saja. Namun beragam model rak lainnya seperti segitiga, persegi lima, dan masih banyak lagi. Rak dinding dengan berbagai bentuk dapat Anda maksimalkan bukan hanya sebagai tempat menyimpan koleksi buku, namun sebagai bagian dekorasi interior Anda.

4. Posisi miring


Jika Anda merasa bosan dengan model rak buku yang biasa-biasa saja, Anda dapat mencoba mendekorasi rak buku dengan posisi miring. Caranya gunakan sebuah rak yang diposisikan satu sisi lebih tinggi dibandingkan sisi lainnya, kemudian letakan koleksi buku-buku Anda.

5. Manfaatkan dinding tangga


Satu ruang yang sering dilupakan oleh pemilik rumah, yakni bagian dinding tangga. Bagian dinding tangga sering dibairkan kosong begitu saja, karenanya kenapa tidak dimanfaatkan menjadi perpustakaan mini dirumah Anda? Cukup gunakan beberapa rak di sisi dinding tangga, dan atur dengan rapi koleksi buku-buku Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya