Tips Tata Ulang Dekorasi Rumah dengan Anggaran Minim

Ilustrasi dekorasi rumah
Sumber :
  • Pixabay/Csaba Nagy

VIVA – Ada banyak cara membuat suasana hati lebih baik. Tak melulu dengan makanan, beberes rumah atau menata ulang dekorasi rumah, ternyata juga bisa mengubah mood Anda.

Mau Hunianmu Berkonsep Modern? Ini 5 Tips Simpelnya

Dengan mengubah dekorasi rumah, diyakini, bisa mambenatu Anda memiliki suasana hati yang lebih baik, bahkan bisa membuat pikiran lebih segar.

Namun apabila berbicara mengenai dekorasi, beberapa orang memikirkan tentang seberapa banyak anggaran yang harus dikeluarkan. Hal inilah yang seringkali membuat seseorang mengurungkan niat menata ulang dekorasi rumah.

Coba Ganti Suasana Rumah Biar Gak Bosan Selama Pandemi

Tapi tahukah Anda, tak selamanya, mendekorasi rumah butuh anggaran besar. Seperti dilansir dari Hindustan Times, berikut adalah tips dan trik mendekorasi sesuai anggaran dari pakar desain, Pepperfry sebagai berikut.

Dekorasi rumah

7 Trik Cerdas Membuat Rumah Terbebas dari Debu

1.Pilih dekorasi senyaman mungkin

Rumah seharusnya mencermikan Anda dan keluarga, bukan sebagai media untuk memuaskan pendapat para tamu atau tetangga yang datang. Karenanya gunakan furnitur, dan aksesori yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas keluarga Anda, agar seluruh keluarga merasa nyaman di dalam rumah tersebut.

Misalnya pada ruang keluarga, ruang keluarga merupakan salah satu ruang yang paling sering digunakan oleh anggota keluarga sebagai tempat berkumpul. Agar lebih terasa nyaman dapat menambahkan karpet atau bantal-bantal berukuran besar agar menambah kenyamanan.

2. Pemilihan warna

Setiap warna memberikan pengaruh yang berbeda-beda. Warna dapat digunakan dalam banyak cara, jadi memilih warna dasar netral merupakan langkah yang baik. Namun memilih warna berani seperti oranye atau menggunakan nuansa abu-abu hangat untuk pintu masuk juga ide yang bagus. Karena dapat memberikan nuansa bersahabat dengan tamu yang datang.

Warna cat dinding 2014

3. Terapkan pola hidup seimbang

Menjaga pola hidup yang seimbang merupakan salah satu kunci bahagia hidup di dalam rumah. Salah satu cara menjaga keseimbangan tersebut, dapat mengajarkan seluruh anggota keluarga untuk menghargai segala fasilitas yang ada di dalam rumah seperti penggunaan air, dan Listrik. Selain itu, Anda dapat menghemat anggaran perbulan, Anda juga dapat mengajari anak-anak untuk hidup efisien sejak dini.

4. Gunakan barang-barang lama yang masih dapat digunakan

Memadukan barang lama dengan barang baru dapat menjadi solusi untuk menghemat anggaran ketika mendekorasi rumah. Walaupun tidak mudah ketika memadukan dua benda yang berbeda, namun apabila disesuaikan dengan selera Anda di dalamnya, dapat memberikan rasa nyaman dan memberi kesan menarik.

5. Gunakan barang-barang antik

Jika Anda ingin membeli furnitur dengan harga murah, Anda dapat mencoba membeli barang antik di toko barang-barang bekas. Dengan menggunakan barang antik, dapat memberikam sentuhan unik, dan berbeda di rumah Anda yang tidak ditemukan di hunian lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya