Hunian Tipe Studio jadi Tempat Tinggal Pas untuk Milenial

Dekorasi apartemen minimalis.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ayu Utami Paramitha

VIVA – Generasi milenial selalu jadi topik yang menarik untuk diperbincangkan, terutama mengenai gaya hidup mereka yang unik. Karena punya gaya hidup yang berbeda, membuat milenial seringkali sulit mencari tempat tinggal yang sesuai dengan mereka.

Mau Hunianmu Berkonsep Modern? Ini 5 Tips Simpelnya

Namun menurut Senior Associate Director Research Jakarta, Colliers International, Ferry Salanto mengatakan dengan gaya hidup mereka yang serba cepat, praktis, dan dengan mobilitas tinggi, tempat tinggal yang sesuai untuk milenial adalah hunian yang tidak terlalu besar, praktis, dan dilengkapi dengan fasilitas umum.

"Tipe studio, atau one bedroom lebih sesuai dengan gaya hidup milenial, apalagi yang dilengkapi dengan fasilitas publik yang lengkap seperti kafe," ucapnya saat ditemui VIVA di acara konpers Jakarta Property Market, Rabu, 4 April 2018.

Kesempatan Terakhir Bulan Ini, Miliki Hunian Dibayarin 10%

Ilustrasi perabot rumah minimalis.

Ferry menambahkan, milenial belum memiliki kebutuhan penting untuk memiliki hunian sendiri baik berbentuk rumah atau apartemen. Terlebih tidak semua milenial memiliki penghasilan yang cukup untuk mencicil suatu hunian.

'Hidden Gems', Investasi Properti dengan Keuntungan Ganda

Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan bagi milenial memiliki hunian sendiri, karena saat ini sudah tersedia berbagai cara untuk memiliki suatu hunian, baik melalui KPR atau program pinjaman yang dapat dipergunakan untuk memiliki hunian.

"Saat ini sudah banyak developer hunian yang bekerjasama dengan bank, mereka memberikan pinjaman bagi calon pembeli agar dapat diangsur sesuai dengan kemampuan mereka. Namun untuk milenial sebaiknya memilih pinjaman berjangka panjang agar lebih aman, dan nyaman ketika mengangsur,"ucapnya.

Izzara Apartemen

Ferry juga menjelaskan, anak muda saat ini sebenarnya tidak perlu punya hunian di tengah kota. Karena harga sewa atau beli suatu hunian di tengah kota sangat mahal. Karenanya hunian yang terletak di luar Jakarta seperti Tangerang, Bekasi, Bogor dan sekitarnya dapat menjadi pilihan.

"Selama masih ada transportasi umum yang memadai untuk mobilitas para millenial."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya