7 Tips Pilih Lantai yang Mudah Perawatannya

ilustrasi Lantai kayu dan kerja di rumah
Sumber :
  • Pixabay/ Life-Of-Pix

VIVA – Saat ini semakin banyak cara memperindah dekorasi ruangan. Selain menggunakan berbagai furnitur, lantai untuk hunian juga perlu jadi perhatian. Sebab, lantai yang menarik, juga bisa memperindah interior ruangan.

Tips Dekor Ruang untuk Rumah Minimalis

Saat ini berbagai macam jenis lantai tersedia. Mulai dari lantai kayu, bambu, marmer, dan masih banyak lagi. Karena memiliki berbagai banyak jenis, agar tidak membingungkan, seperti dilansir dari Asia Net India, berikut Anda perlu tahu beragam jenis lantai yang dapat menjadi referensi untuk mempercantik hunian.

1. Hardwood
Hardwood merupakan salah satu jenis lantai yang mahal namun populer. Kualitas lantai ini akan semakin sempurna seiring dengan pertambahan usia, dan dapat diperbaiki. Lantai kayu sangat baik digunakan untuk hunian dengan iklim dingin, karena dapat menjaga rumah tetap hangat. Namun lantai ini harus sering dirawat dengan baik, terkadang terdapat goresan yang harus sering dilapisi dengan pernis, dan tidak tahan air.

5 Tips Dekor Ruang Tamu, Siap-siap Sambut Hari Raya

2. Vinyl
Lantai vinyl biasanya memiliki warna, dan desain yang beragam. Walaupun memiliki harga yang cukup mahal, namun lantai ini tidak membutuhkan banyak perawatan, mudah dipasang, dan dapat digunakan di mana saja pada bagian rumah Anda.

3. Keramik
Lantai keramik adalah salah satu lantai tahan lama, halus, dan sulit tergores. Meskipun begitu, lantai ini terbilang cukup mahal, dan sulit dipasang. Namun lantai ini tidak membutuhkan perawatan sulit, dan dapat menjaga suhu ruangan tetap hangat.

Mau Hunianmu Berkonsep Modern? Ini 5 Tips Simpelnya

Lantai Keramik

4. Laminate
Terbuat dati fiberboard, dan disegel di bagian bawah dengan tekanan tinggi. Dapat digunakan sebagai alternatif untuk lantai dengan berbagai bahan material. Lantai duplikat ini murah, tahan lama, mudah dan mudah dipasang.

5. Bambu
Bambu adalah salah satu jenis lantai baru yang sedang disukai akhir-akhir ini. Lantai ini tahan lama, serbaguna, dan memiliki warna yang unik. Serta dapat digunakan pada luar ruangan seperti balkon.

6. Marbel
Lantai ini adalah lantai yang paling umum, dan populer karena tersedia berbagai warna serta dapat memberikan efek menyejukkan ruangan. Lantai ini dapat bertahan lama, namun biasanya memiliki warna terang sehingga debu atau kotoran mudah terlihat, dan membutuhkan pembersihan secara teratur.

7. Karpet
Lantai karpet sudah terkenal sejak bertahun-tahun lalu. Lantai karpet tersedia dalam berbagai macam desain, dan terus mengikuti perkembangan tren saat ini. Lantai ini sangat sesuai untuk apartemen atau rumah bergaya antik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya