5 Trik Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC

Dekorasi rumah dengan luas 60 meter persegi
Sumber :
  • Home Design

VIVA – Memiliki rumah dilengkapi fasilitas penyejuk udara atau AC memang bisa membuat suasana tempat tinggal terasa sejuk. Apalagi, saat cuaca di luar begitu terik.

Tips Dekor Ruang untuk Rumah Minimalis

Namun, penggunaan AC yang terus menerus bisa menyebabkan masalah kesehatan. Mulai dari kelumpuhan wajah, leher tenggeng (tortikolis), mudah lelah, sesak nafas, gangguan reproduksi hingga gangguan kehamilan. Tak hanya menyebabkan masalah kesehatan, penggunaan AC terus-menerus juga bikin tagihan biaya listrik di rumah bengkak dan memberi dampak peningkatan emisi karbon.

Nah, untuk mencegah masalah kesehatan dan menekan biaya tagihan listrik, ada cara sederhana untuk mengurangi penggunaan AC di rumah. Berikut tips nya seperti dilansir laman Times of India.

5 Tips Dekor Ruang Tamu, Siap-siap Sambut Hari Raya

1. Ventilasi

Ilustrasi jendela dapur

Mau Hunianmu Berkonsep Modern? Ini 5 Tips Simpelnya

Ventilasi silang atau ventilasi angin dapat membuat ruangan menjadi sejuk dan memungkinkan aliran udara bebas masuk melalui pintu dan jendela. Membiarkan jendela terbuka, membantu menurunkan suhu dalam ruangan sehingga meminimalkan kebutuhan untuk menyalakan AC. Pastikan ada bukaan lain selain jendela, agar udara segar bisa mudah masuk ke dalam rumah.

Untuk mempercantik hunian, bisa berikan sentuhan ventilasi rumah dengan gaya tradisional atau

gaya modern.

2. Gunakan tirai gelap

Ilustrasi tirai mewah

Memasang tirai gelap pada hunian, bisa menghalangi cahaya matahari yang menyengat menembus ke dalam rumah. Ini bisa menjadikan hunian tetap terasa sejuk, karena angin dari luar akan tetap mudah masuk ke dalam rumah.

3. Buat kolam air

Kolam ikan di depan Gedung DPRD DKI.

Saat air menguap dan naik, bisa menyerap panas dari udara terdekat. Jadi tak ada salahnya membuat kolam air kecil di rumah.

Buat kolam di lokasi rumah yang strategis agar bisa menyerap panas dari seluruh sudut ruang rumah. Kolam air yang berlokasi strategis menciptakan angin konveksi, yang bisa memberikan kesejukan di rumah. Jika membuat perubahan arsitektur rumah, tentu akan butuh banyak biaya. Maka, Anda dapat menempatkan air mancur di rumah. Atau bisa juga membuat pot dekoratif yang diisi air untuk menciptakan efek kesejukan yang sama.

4. Perbanyak tanam pohon

Halaman belakang rumah Khloe Kardashian

Tanaman dan pepohonan menjaga udara di sekitar rumah tetap sejuk, sehingga menurunkan suhu. Anda dapat menumbuhkan berbagai tanaman di rumah. Bisa pohon-pohonan rindang, atau tanaman hias dan juga berbagai tanaman dengan bunga-bunga.

Anda juga bisa menumbuhkan tanaman merambat seperti sirih atau daun cincau. Atau bisa juga memilih tanaman yang bisa merambat di dinding.

5. Warna menenangkan

Ilustrasi ruangan bercat putih

Warna-warni cat rumah kini semakin beragam. Nah, untuk menciptakan hunian yang sejuk, pemilihan warna cat juga bisa memengaruhi. Warna-warna kalem bisa jadi pilihan jika Anda ingin hunian terasa sejuk. Warna putih dan lainnya lebih ringan, mencerminkan semua panjang gelombang cahaya dan karena itu menyerap paling sedikit panas. Warna hitam dan gelap, sebaliknya, menyerap paling banyak panas, dan setelah itu, memancarkannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya