Deretan Kisah 5 Rumah Angker yang Diangkat ke Layar Lebar

Rumah tempat lokasi syuting Pengabdi Setan
Sumber :
  • Dokumentasi VIVA

VIVA – Setiap orang memiliki kepercayaan yang berbeda-beda akan keberadaan makhluk gaib. Salah satu tempat yang paling sering dijadikan tempat tinggal hantu adalah rumah. Rumah yang di cap berhantu, biasanya memiliki kisah mistis di dalamnya yang kerap kali diceritakan oleh warga sekitar dan seringkali bikin merinding.

Nayla Purnama Jadi Peran Utama di Film Horor Vina: Sebelum 7 Hari, Diangkat dari Kisah Nyata Viral

Meski berhantu, namun tak jarang pula, kisah mistisnya diangkat ke layar lebar. Bahkan rumah yang konon berhantu tersebut, dijadikan sebagai lokasi syuting filmnya. Berikut adalah lima rumah dengan cerita seram, yang diangkat menjadi tema film horor.

1. Rumah Pondok Indah

Tayang di Hari Kelima, Ini Jumlah Penonton Film Horor Badarawuhi di Desa Penari dan Siksa Kubur

Rumah di kawasan elit Pondok Indah ini sempat viral karena keangkerannya yang diangkat menjadi film 'Rumah Pondok Indah'. Rumah tersebut dianggap warga sekitar berhantu karena punya sejarah yang mencekam. Rumah tersebut jadi angker karena di rumah tersebut pernah terjadi pembunuhan tragis.

Meski sudah tak dihuni, namun sepertinya, hantu dari sosok yang terbunuh di rumah tersebut masih bergentayangan hingga seorang tukang nasi goreng  seringkali menerima pesanan dari pemilik rumah tersebut namun tak berwujud. Dikabarkan penjual nasi goreng tersebut tidak kembali lagi, dan hanya menyisakan gerobaknya saja. Namun kini rumah tersebut sudah dirobohkan, dan hanya menyisakan puing-puing serta ilalang saja.

Film Badarawuhi di Desa Penari Tembus 1 Juta Penonton, Joko Anwar Kasih Selamat

2. Rumah Kentang

Sama halnya dengan Rumah Pondok Indah, Rumah Kentang yang berada di daerah Dharmawangsa, Jakarta Selatan ini memiliki cerita mistis yang menceritakan mengenai kata 'kentang'. Menurut cerita yang beredar, dahulu, ada seorang anak yang hiperaktif hingga membuat pengasuhnya merasa kewalahan dan kesal. Tidak sanggup lagi menahan emosi, sang pengasuh memutuskan memasak kentang dalam kuali besar, dan memasukkan anak tersebut ke dalamnya. Namun nahasnya daging sang anak yang melebur di dalam kuali kentang tersebut disajikan, sebagai menu pesta sehingga daging dari anak tersebut dimakan oleh keluarganya sendiri. Dikabarkan setelah kejadian tersebut terjadi, setiap malamnya selalu tercium aroma kentang yang melekat dari rumah tersebut.

3. Rumah Keluarga Tak Kasat Mata

Rumah satu ini dikabarkan dihuni oleh beragam hantu yang siap menganggu siapa pun yang tinggal di dalamnya. Terletak di Magelang, Yogyakarta, rumah itu dianggap menyimpan misteri. Asal usul cerita menyeramkan tersebut bermula dari keluarga yang mengalami kesulitan dalam ekonomi yang kemudian memutuskan untuk melakukan pesugihan. Dikabarkan mereka memuja tiga jin besar, yang kemudian memakan satu per satu anggota keluarga tersebut sebagai sesajen pesugihan. Sering terjadi peristiwa mistis di dalam rumah tersebut, mulai dari penampakan hantu, wangi anyir, hingga perabotan yang dapat bergerak sendiri.

4. Rumah Gurita

Rumah yang terletak di Bandung ini memiliki aura mistis yang berasal dari simbol gurita hitam yang terletak di bagian atas dari rumah tersebut. Rumah tersebut dikabarkan dimiliki oleh seorang pecinta seni yang memiliki berbagai patung serta lukisan di dalamnya. Namun dengan kesibukan yang padat membuat sang penghuni jarang menempati rumah tersebut. Kabar tak mengenakkan pun beredar, rumah tersebut diyakini sebagai kerajaan setan, hingga tempat pesugihan. Tak heran jika rumah tersebut diangkat menjadi sebuah film berjudul 'Rumah Gurita' yang diperankan oleh Shandy Aulia, dan Boy William.

5. Rumah Pengabdi Setan

Rumah yang terkenal dari film horor Pengabdi Setan ini terletak di Kampung Kertamanah, Desa Margamukti, Kecamatan Pengalengan, Bandung Selatan. Namun sayangnya walaupun terkenal diselimuti dengan hal gaib, hingga saat ini masih belum diketahui asal-usul hantu yang bersarang di rumah tersebut. Beberapa orang mengatakan bahwa rumah tersebut dulunya sebuah vila, hingga sebuah rumah peninggalan Belanda yang dulunya menjadi pemilik dari perkebunan kopi di sekitarnya. Menurut cerita yang beredar banyak kejadian mistis yang kerap terjadi di rumah ini, mulai dari perubahan suhu yang drastis, hingga penampakan gaib lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya