Cari Tahu Masa Kedaluwarsa 6 Perabot Rumah Tangga Ini

Kasur Hastens Vividus
Sumber :
  • Youtube Hastens Vividus

VIVA – Makanan memiliki tanggal kedaluwarsa tentu sudah banyak yang tahu. Tapi bagaimana dengan kedaluwarsa perabotan rumah?

Mau Hunianmu Berkonsep Modern? Ini 5 Tips Simpelnya

Piranti rumah tangga seperti karpet, sofa, kasur, keset, juga memiliki batas maksimal penggunaan, alias kedaluwarsa. Jika tetap dipakai melewati tenggat kedaluwarsa, tentu menimbulkan risiko tersendiri.

Mari kita cek, berapa lama masa kedaluwarsa barang-barang berikut ini, seperti dikutip laman Elle Decor.

Coba Ganti Suasana Rumah Biar Gak Bosan Selama Pandemi

1. Kasur

Kasur berteknologi NASA
Apabila dipergunakan dan dirawat dengan baik, kasur dapat bertahan selama 5 sampai 10 tahun. Baik kasur yang terbuat dari busa atau kasur air.

7 Trik Cerdas Membuat Rumah Terbebas dari Debu

2. Tirai mandi
Tirai yang menjadi pembatas antara ruang kering dan basah, sering menjadi tempat jamur bersarang karena lembap dan banyak terkena paparan air. Karenanya tirai mandi harus diganti setiap 3 sampai 12 bulan.

3. Karpet
Karpet dapat bertahan sesuai dengan jenis karpet yang dipilih, misalnya Anda membeli karpet dengan kualitas rendah maka akan bertahan hingga 1 sampai 5 tahun. Karpet dengan kualitas menengah akan bertahan selama 5 sampai 15 tahun. Jika memilih karpet dengan kualitas terbaik dapat bertahan selama 15 hingga 25 tahun.

Ilustrasi Karpet

4. Bantal

Jika tidak membersihkan bantal secara teratur sebaiknya Anda menggantinya selama enam bukan sekali. Namun jika Anda dapat merawat dengan baik,  bantal dapat bertahan hingga 3 tahun.

Bantal.

5. Keset kamar mandi
Keset kamar mandi walaupun terlihat baik-baik saja, namun sebaiknya Anda tetap menggantinya setiap 1 sampai 2 tahun agar ruangan tetap bersih, dan menghindari sarang kuman.

6. Sofa
Sofa merupakan salah satu furnitur yang paling penting di dalam rumah. Sofa dapat bertahan selama 7 sampai 15 tahun sebelum tekstur dan kualitasnya perlahan menurun dan rusak.

Sofa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya