Lima Rumah Terkecil di Dunia Ini Bikin Gemas

Rumah terkecil di dunia One Sqm House
Sumber :
  • In habitat

VIVA – Tinggal di rumah besar dengan segala fasilitas mewah memang bisa membuat penghuninya merasa nyaman. Tapi, untuk sebagian orang lainnya, tinggal di rumah superimut bisa menjadi kepuasan tersendiri. Ya, rumah tinggal berukuran kecil dinilai lebih nyaman oleh sebagian orang karena lebih mudah di atur, dirapikan, dan disesuaikan dibandingkan dengan hunian berukuran besar. 

Desain Compact House, Solusi Rumah Sempit Tapi Tetap Estetik

Tak heran, jika di sejumlah negara, rumah-rumah berukuran kecil sering jadi sorotan. Bukan hanya sekadar karena ukurannya yang kecil, tapi juga punya desain yang unik. Berikut, lima deretan rumah terkecil di dunia seperti dilansir VIVA dari berbagai sumber.

1. Rumah dengan luas 196 kaki di Idaho

Rumah Unik Chef Renatta, Gambar Masa Kecil yang Terwujud

Rumah mungil satu ini dibuat oleh seorang arsitek Macy Miler yang mendapatkan inspirasi dari masa perceraiannya yang kelam.  Saat itu Macy harus dihadapkan dengan perceraian yang berujung penyitaan  rumah mewahnya seluas 2.500 meter persegi. Dengan sisa uang yang ia miliki, akhirnya Macy membangun sebuah hunian mini seharga US$11.400 atau sekitar Rp158 juta untuk ditempati bersama kekasih beserta buah hatinya.

10 Desain Rumah Paling Unik di Dunia

2. Das Park Hotel, Austria, dan Jerman

Walau bukan rumah namun hotel satu ini hanya berukuran satu tabung beton yang digunakan sebagai tempat tamu menginap. Namun di balik ukurannya yang kecil, setiap kamar tabung beton ini dilengkapi dengan kasur, lemari, elektronik, dan tempat penyimpanan barang di bagian bawah kasur.

3. Kabin yolo, California

Kabin satu ini dibuat sebagai tempat tinggal di dekat peternakan di Yolo Country, California. Uniknya kabin ini terinspirasi dari ikon lokal menara air di Kabupaten Yolo. Selain bentuknya yang unik, kabin ini juga memiliki roda di bagian bawahnya yang memungkinkan untuk dipindahkan kemanapun sang pemilik inginkan.

4. House on wheels

Rumah satu ini tercipta dari pasangan muda yang memutuskan meraih cita-cita sebagai jurnalis jalanan. Agar memudahkan kehidupan, mereka memutuskan untuk pindah dari rumah lama mereka ke dalam rumah mungil portabel yang dapat mereka bawa kemanapun mengikuti adrenalin pasangan tersebut. Uniknya walaupun sangat kecil, namun hunian portabel ini memiliki fasilitas lengkap. Mulai dari tempat tidur, dapur, ruang bersantai, dan kamar mandi. 

5. Rumah satu meter

Rumah yang dinamakan dengan ‘One Sqm House’ ini, berbahan kayu dan kedua sisinya terbuat dari kaca. Atapnya sama dengan bangunan rumah pada umumnya yang mengerucut di bagian atas. Namun bagian bawahnya memiliki roda, sehingga mudah didorong ke mana pun. Baca juga: Super Unik, Rumah 1 Meter Persegi yang Bisa Keliling Dunia

Interiornya hanya terdiri satu ruangan yang menjadi tempat berteduh dan tidur. Uniknya rumah ini bisa diubah posisinya dari berdiri menjadi rebah. Bentuknya yang mini juga memungkinkannya untuk digendong. Rumah ini dijual dengan harga yang sangat murah, yaitu €250 atau sekitar Rp4 juta. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya