Jadi Favorit, Harga Tipe Rumah Kecil Lebih Cepat Naik

Ilustrasi rumah
Sumber :
  • Pexels/Pixabay

VIVA – Rumah menjadi kebutuhan dasar yang juga ikut mengalami perubahan tren. Dengan semakin terbatasnya tanah, kini rumah idaman tidak lagi mementingkan halaman luas tapi hunian yang cukup nyaman untuk semua anggota keluarga.

Inspirasi Tiny House Ala Rumah Container yang Minimalis dan Nyaman Dihuni

Seperti yang diungkapkan oleh Head of Marketing Rumah.com, Ike Hamdan, kini peminatan terhadap rumah lebih banyak yang mencari kelas sedang yaitu ukuran 36-72 meter persegi.

"Ini cukup masuk akal, sejalan dengan mereka yang memasuki stage of life baru. Mereka membutuhkan hunian yang cukup untuk satu keluarga," ujar Ike saat ditemui usai konferensi pers Rumah.com Property Index 2018 di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu, 2 Mei 2018.

Inspirasi Rumah Mungil Minimalis di Dalam Gang, Modern dan Tetap Nyaman

Ilustrasi rumah minimalis

Hal senada juga diungkapkan oleh Ekonom PermataBank, Josua Pardede, yang mengatakan kini rumah dengan tipe kecil dengan ukuran 36 meter persegi mengalami peningkatan pembelian yang tinggi. Selain itu, kenaikan harga untuk rumah tipe ini juga lebih cepat meningkat dibandingkan rumah tipe sedang dan besar.

Tren 2023, Trik Desain Dapur Cantik di Hunian Rumah Minimalis

Ike menambahkan, untuk kisaran harga rumah yang dipilih saat ini secara psikologis berada di kisaran maksimal Rp700 juta. Sebagian besar pembeli membeli rumah sebagai tempat tinggal, belum menjadi investasi.

Selain itu, Josua menambahkan bahwa kini masyarakat juga mulai banyak memilih hunian yang dengan sarana transportasi massal seperti stasiun MRT atau LRT. Arah pembangunan hunian sekarang juga sudah diarahkan menuju transit oriented development (TOD).

Sementara dari data yang dimiliki Rumah.com mencatat bahwa tiga lokasi terfavorit untuk hunian berada di wilayah Bintaro, Serpong, dan Depok. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya