9 Manfaat Luar Biasa Garam untuk Bersihkan Rumah

Ilustrasi garam
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Salah satu bumbu pelengkap yang harus ada di setiap dapur adalah garam. Tapi, siapa sangka, selain melengkapi cita rasa masakan, garam juga tidak kalah hebat dalam membersihkan noda membandel yang ada di rumah.

Terpopuler: Ciri Malam Lailatul Qadar, Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan Masalah Seksual

Seperti dilansir dari Test of Home, Jumat, 18 Mei 2018, berikut adalah sembilan manfaat garam untuk membersihkan rumah.

Membantu membersihkan saluran air wastafel

Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

Wastafel kerap tersumbat karena sisa makanan yang menempel di saluran airnya. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan campuran garam dan air panas lalu tuangkan untuk menghilangkan bau dan mencegah penumpukan lemak.

Membersihkan lemari es

Ketahui 5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Mengonsumsi Mie Instan Saat Sahur

Campuran garam dan air soda juga dapat menjadi pembersih alami untuk menghilangkan noda yang menempel di lemari es Anda.

Membersihkan panci berminyak

Sebelum mencuci panci bekas pakai, taburkan sedikit garam pada area berminyak dan lap dengan tisu hingga lapisan minyak menghilang.

Ilustrasi mencuci baju.

Mencerahkan warna pakaian

Masukan campuran air garam dalam ember berisi pakaian, lalu gosok perlahan untuk mencerahkan warna pakaian yang memudar.

Menghapus noda darah

Rendam kain yang terkena noda di dalam air garam yang dingin, kemudian bersihkan dengan air sabun hangat. Lakukan hal tersebut hingga noda menghilang.

Menghilangkan jamur pada pakaian

Tuangkan campuran garam dan perasan lemon ke bagian yang berjamur lalu biarkan mengering di bawah sinar Matahari. Kemudian bilas hingga bersih dan keringkan.

Menghilangkan karat

Campurkan air, garam dan krim tartar untuk membuat pasta. Kemudian, sikat area yang berkarat dengan campuran tersebut, biarkan hingga mengering dan bersihkan dengan kain yang lembut.

Semut

Mengusir semut

Menaburkan garam di ambang jendela, pintu dan tempat lainnya yang biasa menjadi tempat semut berkumpul, dapat membuat mereka pergi dan tidak kembali lagi.

Membuat tembaga dan kuningan kembali bersinar

Campuran tepung, cuka dan garam bisa Anda gunakan. Caranya dengan menggosokkan campuran tadi dengan sikat gigi pada tembaga atau kuningan, dan diamkan selama satu jam. Lalu, bersihkan dengan kain lembut untuk membuat mereka kembali bersinar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya