Cara Kilat Hilangkan Karat di Pagar Besi Rumah

Ilustrasi pagar/gerbang rumah
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Pagar merupakan salah satu elemen penting pada rumah. Selain menjadi pendukung eksterior, juga menjadi salah satu komponen pengamanan pertama pada hunian.

Viral Kepala Sapi Kejepit di Pagar Rumah, Netizen: Anak Nakal

Seiring berjalannya waktu, terutama pagar besi mudah rusak dan membutuhkan perawatah khusus. Masalah yang sering dihadapi adalah timbulnya karat akibat faktor iklim. Apalagi di Indonesia yang memiliki iklim tropis dengan paparan sinar matahari tinggi dan hujan yang tak menentu bisa membuat pagar besi mudah berkarat jika tak dirawat.

Karena hal tersebut, menurut Anastasia Tirtabudi selaku Head of Brand and Consumer Marketing PT ICI Paints Indonesia, penting melakukan pembersihan dan pengecatan ulang minimal satu tahun sekali agar pagar besi di hunian Anda selalu dalam kondisi maksimal.

Hati-hati Memilih Model Pagar Rumah Jika Tidak Mau Bernasib Seperti Ini

"Mudah saja untuk melakukan pembersihan dan pengecatan ulang. Anda pun dapat melakukannya sendiri di rumah tanpa bantuan tenaga ahli," ucapnya saat ditemui VIVA di kawasan Jakarta, beberapa waktu lalu.

Membersihkan pagar besi dari karat

Viral Maling Motor Nekat Bobol Pagar Rumah

Anastasia menuturkan, ada tiga langkah pembersihan yang bisa dilakukan. Pertama, pengelupasan karat menggunakan kuas dengan bulu kasar. Kemudian penghalusan dan pengelupasan tahap kedua menggunakan amplas. Terakhir, penghalusan dengan menggunakan lap bersih untuk membersihkan sisa partikel kawat pada pagar.

"Setelah tiga langkah tersebut dijalankan, Anda dapat langsung melakukan pengecatan pagar," kata dia.

Sementara itu, supaya cat tidak mudah mengelupas atau luntur, Anda sebaiknya menggunakan tiga pelapis sebelum mengecat. Ketiga bahan itu, yakni lapisan primer, undercoat, lalu dilapisi dengan topcoat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya