6 Manfaat Ajaib Teh untuk Bersih-bersih Rumah

Ilustrasi teh chamomile
Sumber :
  • Pixabay/condesign

VIVA – Selain memiliki rasa yang menenangkan dan menyegarkan, teh ternyata memiliki manfaat lain. Tak hanya sebagai minuman menyehatkan yang memberikan efek relaksasi dan kecantikan, teh juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan rumah.

SKENA Jadi Ajang Berbagi Wawasan Bagi UMKM

Ada banyak hal yang dapat dilakukan dengan teh, mulai dari membersihkan karpet hingga menjadi pewangi alami rumah Anda.

Seperti dilansir dari The Daily Tea, berikut adalah beberapa fungsi teh untuk membersihkan rumah.

Kementan Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa

1. Membersihkan furnitur dan lantai kayu

Rebusan teh bukan hanya untuk diminum, tapi, bisa juga dimanfaatkan untuk membersihkan furnitur dan lantai yang terbuat dari kayu. Caranya cukup rebus beberapa kantong teh dalam satu liter air,  kemudian celupkan kain lembut ke dalam air teh, peras kelebihannya dan gunakan untuk memebersihkan kotoran serta debu yang menempel.

Mitos atau Fakta Minum Teh Saat Berbuka Puasa Bisa Merusak Ginjal

Ilustrasi kantung teh.

2. Membersihkan karpet

Karpet yang berusia lama biasanya menimbulkan bau apek dan dipenuhi oleh debu-debu yang bersarang. Untuk mengembalikan kesegaran karpet tersebut dapat menaburkan serbuk daun teh hijau pada permukaan karpet, diamkan selama 10 menit. Lalu bersihkan dengan vacum cleaner.

3. Menghilangkan noda pada kloset

Noda pada kloset terkadang membandal dan sulit untuk dihilangkan, namun ternyata teh dapat melunakkan noda tersebut. Caranya gunakan beberapa kantung teh pada lubang kloset lalu diamkan beberapa jam, lalu siram. Kemudian noda yang terdapat pada kloset akan lebih mudah dihilangkan.

4. Menghilangkan bau amis

Bau amis kerap menempel pada tangan sehabis memasak atau menyantap ikan, untuk menghilangkannya dapat membilas tangan Anda dengan air teh.

5. Membersihkan cermin

Rebusan air teh, dan beberapa kantung teh sisa ternyata dapat membuat cermin Anda terlihat lebih bersih. Caranya rebus air dengan kantung teh, lalu dinginkan air rebusan tersebut. Gunakan terlebih dahulu beberapa kantung teh untuk mengangkat noda yang menempel di cerimin. Lalu ambil air teh, dan gunakan lap bersih untuk membersihkannya.

6. Sebagai pupuk tanaman

Teh dapat meningkatkan kadar nitrogen dalam tanah, karenanya mencapurnya dengan tanah dapat menjadi pupuk yang baik untuk tanaman Anda. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya