Desain Ruangan Kantor yang Bikin Karyawan Betah Kerja

Ruang kantor open space
Sumber :
  • VIVA/ Isra Berlian

VIVA – Kenyamanan bekerja di sebuah perusahaan bagi sebagian orang bukan hanya tergantung pada besaran gaji yang diterima. Tetapi, salah satu indikator lainnya yang bisa membuat seseorang tertarik bekerja di suatu perusahaan, karena kondisi lingkungan kantor yang nyaman.

Mengenal Keindahan Desain Interior Italia, Kedepankan Gaya Unik dan Klasik

Dengan memiliki lingkungan kantor yang nyaman diyakini mampu membuat setiap orang betah sekaligus membantu mereka terus menjadi karyawan produktif. Salah satu perusahaan asuransi jiwa, yakni HEKSA Insurance telah menghadirkan suasana kerja yang menyenangkan dan memberikan kenyamanan bagi karyawannya yang mayoritas merupakan generasi milenial.

Presiden Direktur HEKSA Insurance Kustiawan mengatakan, pihaknya mengupayakan konsep minimalis semi formal yaitu mengombinasikan ruang kerja karyawan dengan ruang sosial. Konsep ini dipilih agar aktivitas rapat kerja atau koordinasi dapat dilakukan di ruang sosial dalam suasana nonformal.

Saatnya Desainer Lokal Unjuk Gigi di Kompetisi Desain Interior Toko, Ada Pelatihan Gratisnya

"Kita merekrut generasi milenial, butuh konsep untuk melahirkan energi baru enggak kaku dan monoton," kata dia saat ditemui di kantor HEKSA Insurance di Satrio Tower Kuningan Jakarta Selatan, Jumat 8 Juni 2018.

Konsep kantor open space

Bangun Rumah Pertama dengan Hasil Endorsement, Kisah Inspiratif Cindy Govina Djuari

Semua ruangan kantor yang berlokasi di lantai 8 pun didesain dengan konsep ruangan terbuka. Hal ini  dimaksudkan agar adanya keterbukaan antarkaryawan kantor dengan atasan. Keterbukaan itu, kata dia akan mencerminkan komunikasi secara langsung.

"Tidak ada jarak antara atasan dan bawahan. Sehingga kapanpun bisa masuk. Itu dibangun supaya komunikasi itu jalan," katanya menambahkan.

Tak hanya itu, konsep ruangan terbuka juga membuat suasana kantor terlihat lebih luas.

"Secara fisik ruangan jadi lebih luas jika disekat tertutup akan sempit. Di sana mereka bisa lihat dan belajar dari temannya atau atasannya," terang dia.

Konsep desain kantor

Dari penelusuran VIVA di ruang kantor tersebut juga terdapat beberapa fasilitas yang dapat membuat relaks karyawan karena tersedia tempat duduk santai berupa ayunan, meja billiard, hingga kursi pijat tersedia di sana. Uniknya lagi, di kantor ini juga menerapkan warna-warni yang berbeda untuk dinding tiap divisi.  Pemilihan lima warna ini pun kata dia melambangkan nilai perusahaan.

"HEKSA punya filosofinya (Honesty, Excellent, Knowledgeable, Simplycity, Authentic) masing-masing itu mempunyai karakter warna, honesty berkonotasi berwarna biru keuangan, kemudian excellent brave berwarna oranye direktorat marketing," kata dia.

Sedangkan untuk knowledgeable itu abu-abu ke arah ungu di bawah direktur utama, simplycity warna pink menciptakan operasi yang simpel, terakhir authentic hijau menyimbolkan warna direktorat complaiment and risk management.

Dekorasi kantor

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya