Wow, Kota Mati dengan Bangunan Kuno Dijual Rp17 Miliar

Cerro Gordo (Fat Hill)
Sumber :
  • youtube

VIVA – Tak bisa dimungkiri jika padatnya penduduk di kota-kota besar membuat harga hunian sangat melambung. Rata-rata harga sebuah hunian di pusat kota yang padat penduduk bisa saja mencapai angka miliaran, apalagi jika kawasan tersebut memiliki lokasi strategis dan fasilitas mumpuni.

Cerita Ladya Cheryl Jadi Bintang Video Klip Kota Mati NOAH

Namun percayakah Anda bahwa sebuah kota kecil di California Amerika Serikat (AS) dijual hanya seharga Rp17 miliar?

Dilansir laman Nine, sebuah kota mati bernama Cerro Gordo atau dikenal dengan Fat Hill di California AS dijual dengan harga US$1,2 juta atau sekitar Rp17 miliar saja. Padahal, kota tersebut dilengkapi dengan bangunan-bangunan dan segala sarana umum.

5 Kota Mati di Dunia Ini Ternyata Punya Pemandangan yang Sangat Indah

Cerro Gordo awalnya memang sebuah kota kecil dengan luas tanah mencapai 300 hektare, area ini dahulunya adalah pusat pertambangan perak ternama di tahun 1865. Dalam area tersebut juga berisi kurang lebih 22 bangunan kuno bergaya khas Amerika Barat seperti gereja, hotel, dan rumah yang masih terawat dan berkualitas baik.

Makanan Terbaik untuk Diabetes, Kota Mati Saksi Bisu Pembantaian

Namun seiiring dengan berjalannya waktu kota ini menjadi sepi, karena tingginya angka kriminalitas yang meningkat setiap pekaan yang diduga akibat minimnya keberadaan regulasi dan hukum dalam kota kecil tersebut. 

Kota ini telah dimiliki secara pribadi oleh keluarga Cerro Gordo Historical Foundation selama beberapa dekade. Mendekati masa bangkrutnya, kota ini sempat dijadikan tempat wisata bersejarah, dan dananya digunakan untuk melestarikan kota tersebut. Namun nampaknya hal itu kurang menarik pengunjung.

Sehingga kepala agen real estate Jake Rasmuson berinisiatif memberi saran kepada ahli waris untuk menjual kota tersebut. Hingga kini dikabarkan ada salah satu calon pembeli yang berencana untuk mengubah kita tersebut menjadi sebuah taman hiburan.

"Mengingat sejarah sangat melekat dengan kota ini, sebaiknya bukan hanya harga saja yang menjadi pertimbangan penting. Namun juga sistem pengolaan kota ini, agar sejarah di dalamnya tetap lestari seiiring pergantian zaman," ucap Jake.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya