Kurang Populer di Indonesia, Ini Keuntungan Punya Mesin Cuci Piring

Mesin pencuci piring
Sumber :
  • Viva.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA – Mencuci piring bisa jadi hal yang membosankan dan memakan waktu banyak bagi sebagian orang. Alhasil beberapa orang memilih untuk segera mencuci piring ataupun gelas setelah menggunakannya. Namun keberadaan mesin pencuci piring bisa mengubah pekerjaan rumah tangga yang banyak tak disukai ini menjadi hal menyenangkan. 

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Mesin cuci piring atau dikenal sebagai dishwasher ini sepertinya belum terlalu dikenal masyarakat Indonesia, kecuali hanya pada kalangan tertentu saja. Kebanyakan orang masih dan mungkin lebih menyukai mencuci piring dengan menggunakan tangan daripada  mesin. 

Padahal, sama seperti mencuci baju dengan mesin cuci, mencuci piring dengan menggunakan mesin justru bisa lebih menghemat waktu. Saat mesin bekerja, kita bisa mengerjakan pekerjaan yang lain. 

5 Tips Rumah dan Barang Elektronik Tetap Aman Selama Ditinggal Mudik

Manfaat lainnya adalah, dengan menggunakan mesin bisa lebih menghemat air karena air yang dialirkan menggunakan sistem semprot bertekanan, selain itu bisa lebih higienis karena tidak terkontaminasi dengan tangan manusia, dan ketika peralatan sedang dibersihkan tidak ada celah yang bisa memungkinkan debu atau udara kotor masuk ke dalam mesin. 

Manfaat mesin cuci piring ini sempat didemokan oleh salah satu karyawan saat acara konferensi pers tahunan 2018 Bosch di Thamrin Nine, Jakarta Pusat. 

Makin Sulit Dapat Hunian yang Layak di Jakarta, Ini Sebabnya

"Panasnya sampai 70 derajat celsius, untuk membunuh kuman hingga 99.9 persen, namun tidak merusak piring, bisa mengangkat lemak membandel," ujar salah satu staf Bosch saat menjelaskan. 

Berkapasitas 50 hingga 60 piring ataupun cangkir tergantung ukurannya, mesin cuci piring ini memiliki berbagai pilihan fungsi mencuci. Salah satunya adalah mode malam, di mana mesin memiliki suara lebih tenang, sehingga tak mengganggu waktu tidur. Saat terbangun di pagi hari, piring dan alat makan lainnya sudah siap digunakan. 

Cara menggunakan mesin cuci piring yang menyasar kalangan atas ini juga memiliki sabun cuci tertentu yang hanya dijual di swalayan premium. Bentuk deterjennya berupa tablet. Bisa mencuci selama dua hingga tiga jam. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya