Cara Pintar Bikin Rumah Selalu Rapi

Ilustrasi rumah rapi dan lapang
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Setiap orang berpikir rumah yang rapi bisa jadi tempat tinggal yang nyaman dan bikin betah berlama-lama di dalamnya. Namun sejumlah kegiatan di rumah, terkadang membuat rumah harus selalu dirapihkan, bahkan harus sering dibersihkan.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Bagi Anda yang ingin selalu memiliki rumah rapi dalam berbagai situasi, cek dulu daftar ide berikut yang siap ubah rumah jadi lebih rapi dengan cara pintar, seperti dilansir Woman's Day.

Gunakan Kertas Sesedikit Mungkin

Makin Sulit Dapat Hunian yang Layak di Jakarta, Ini Sebabnya

Bagi yang suka menyimpan kertas, apapun itu, cobalah untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Cobalah untuk memilih menggunakan fasilitas yang tersedia online. Seperti email, tidak perlu mencetaknya, cukup liat dan unduh dari versi digitalnya.

Seperti menulis sebuah catatan kecil yang ditempel, manfaatkan juga keberadaan evernote untuk menulis dan menyimpan apapun yang ingin dicatat dan diingat kemudian hari. 

Anak Jaksel Boleh Seneng! Kawasan Senopati Dipercantik Lampu Estetik Bergaya Arsitektur Eropa

Mencintai pekerjaan yang dibenci

Tidak semua orang senang dengan pekerjaan rumah yang sama, atau tidak juga apa yang dibenci seseorang akan sama dengan lainnya. Tapi cobalah untuk menyukainya.

Caranya adalah dengan memberi batasan waktu. Seperti membatasi waktu melipat pakaian hanya dalam tiga hingga lima menit. Beri penghargaan pada diri sendiri jika berhasil melakukan pekerjaan yang tidak disukai. Dan gunakan peraturan 'lewat sekali.' Yaitu dimana boleh saja melewati keranjang pakaian sebanyak satu kali, tapi ketika lewat lagi, harus mengaturnya.

Pendapat kedua

Tak semua pakaian yang menumpuk di lemari masih digunakan. Tapi, sebagai orang yang membeli dan memiliki, ada rasa enggan dan merasa bahwa salah satu dari sekian banyak pakaian tersebut suatu saat akan digunakan. Padahal sebenarnya sudah tidak pernah digunakan.

Untuk itu, diperlukan pendapat dari orang lain tentang menyimpan atau membuang barang kesayangan yang menumpuk.

Pemeriksaan rutin

Di wilayah yang berantakan, coba untuk selalu melakukan pemeriksaan, dan rapikan selama 15 hingga 30 menit.

Gunakan waktu dengan hati-hati

Waktu tidak bisa diubah, tapi orang bisa mengubahnya dengan mengambil keputusan dari menit ke menit. Agar tidak membuang-buang waktu, coba lakukan tips seperti membiasakan diri menulis agenda di kalender yang ada di ponsel. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya