Unik, Ada Robot Kepiting yang Ahli Urus Tanaman di Rumah

Robot Hexa
Sumber :
  • Nine.com

VIVA – Merawat tanaman di dalam rumah memang bukan suatu hal yang mudah. Terutama mengatur pembagian cahaya dan air sesuai yang dibutuhkan. Beberapa tanaman bahkan tumbuh ke samping mengikuti arah munculnya matahari, sehingga mengurangi sedikit keindahan dari tanaman tersebut.

Mau Mulai Berkebun? Siapkan 5 Peralatan Ini Dulu di Rumah

Seperti dilansir dari Nine, hal tersebut karena efek heliotropic, yang merupkan sistem kehidupan mencari sumber cahaya untuk menjamin kelangsungan hidup. Karena itulah beberapa tanaman tumbuh ke samping mengikuti arah cahaya matahari, bahkan beberapa tidak memiliki umur panjang karena tidak mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Namun kini Anda tidak perlu khawatir, karena perusahaan asal China, Sun Tianqi, menciptakan robot berkaki enam yang dikenal sebagai Hexa, yang dapat membawa tanaman di punggungnya. Tujuan dari diciptakannya robot ini, mereka akan bergerak menuju sinar matahari, dan kembali ke tempat yang teduh ketika tanaman sudah mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Manusia Tidak akan Merasa Sakit Lagi di Masa Depan

Uniknya robot ini memiliki enam kaki, dan terlihat seperti kepiting yang berjalan. Tidak hanya mengatur sinar matahari, robot ini juga dapat bermain dengan Anda dan dapat memberikan tanda ketika tanaman membutuhkan air, dengan cara menari. Tianqi mengatakan, ia mendapatkan ide membuat Hexa karena melihat bunga matahari yang mati di sebuah pameran.

“Pada tahun 2014, saya pergi untuk melihat pameran bunga matahari, dan menemukan bunga matahari mati dekat tanah mekar. Bunga mati itu berada di tempat yang selalu dalam bayang-bayang. Saya pikir, jika itu bisa bergerak sedikit, ambil 30 kaki berjalan ke luar dari bayangan ke tempat bunga matahari lainnya, bunga itu akan hidup sehat," ucapnya.

Trik Kelola 'Cuan' Ala Influencer & Public Figure
Kecerdasan Buatan Atau Artificial Intelligence (AI)

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2023