Tak Banyak Tahu, 7 Benda di Rumah yang Bisa Picu Kebakaran

Ilustrasi Parfum
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Kebakaran menjadi musibah yang sering sekali menimpa rumah tinggal. Penyebabnya tak jarang hal hal sepele yang diabaikan, seperti benda-benda yang disimpan di dalam rumah.

Kebakaran Pabrik Rotan di Cirebon, Kerugian Capai Rp10 Miliar

Dilansir dari laman Times of India, berikut ini tujuh benda di rumah yang mudah memicu kebakaran.

1. Penghapus cat kuku

Usut Penyebab Kebakaran Toko Frame di Mampang, Polisi Bakal Gelar Olah TKP Pekan Depan

Penghapus cat kuku mengandung acetone yang sangat mudah terbakar. Karena itu, jangan gunakan bahan ini di dekat api.

2. Produk mencuci baju

RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi

Sebagian besar produk mencuci baju mudah terbakar dan karenanya penting untuk menyimpannya di tempat yang aman dan jauh dari api.

3. Pembersih tangan

Pembersih tangan instan atau hand sanitizer memang sangat membantu ketika Anda berada di luar rumah. Tapi, ini merupakan produk berbasis alkohol yang bisa memicu api dengan mudah, bahkan di suhu rendah sekalipun. Meski kasus seperti ini jarang, tapi mungkin bisa terjadi.

4. Minyak memasak

Ketika penggorengan ditinggalkan begitu saja dengan minyak di atasnya, ini bisa memicu kebakaran dan inilah salah satu penyebab kebakaran di rumah. Jika penggorengan Anda terkena api, jangan pernah menyiramkan air atau membawanya keluar. Jalan terbaik adalah menutupi penggorengan dengan handuk basah dan biarkan selama 20-30 menit.

5. Produk kecantikan

Anda tentu pernah membaca tanda peringatan di kemasan deodoran Anda, yang tertulis, jauhkan dari api. Produk kecantikan, seperti hair spray, perfum, deodoran mengandung zat kimia yang sangat mudah terbakar. Jika dibiarkan di jendela yang terkena sinar matahari, benda ini bisa meledak. Karena itulah, direkomendasikan untuk menjauhkannya dari sinar matahari.

6. Tepung

Ketika terpapar api, tepung, krimer nonsusu, susu bubuk, bahkan rempah-rempah bisa terbakar cepat. Benda-benda ini bisa terbakar dengan mudah dari segala sisi. Karena itu, kebakaran cepat terjadi ketika terpapar api.

7. Benda lainnya

Daftar dari beberapa benda rumah tangga yang secara tidak terduga bisa memicu kebakaran, meliputi semir sepatu (mengandung debu arang), bola ping pong, cairan pembersih kolam renang, dan kapur barus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya