Roof Garden, Solusi Ciptakan Taman Cantik di Rumah Minimalis

Roof Garden
Sumber :
  • Pixabay/ Orca

VIVA – Memiliki taman dengan tanaman yang indah dan terawat memang bisa memberikan kenyamanan di sebuah rumah. Namun kini, kebanyakan hunian sulit untuk menempatkan taman di dalam rumah lantaran minimnya lahan.

Pemprov DKI Bakal Tata Ulang Kebayoran Lama jadi 4 Blok

Seperti diketahui, taman memiliki manfaat yang cukup besar, bukan hanya sebagai sumber resapan air, tapi juga bisa jadi tempat bermain anak dan sebagai penghasil oksigen di rumah. Terkadang saking sempitnya lokasi rumah membuat orang memilih tidak memiliki taman di rumah mereka.

Padahal meski memiliki lahan minimalis, Anda bisa tetap membuat taman. Bagaimana caranya? Berikut ini penjelasan dari Hadiprana Desain Consultant, Ir. Faried MS. Masdoeki kepada VIVA.

6 Taman di Sentosa Sensoryscape Ini Keren Banget, Bangkitkan Panca Indera dan Imajinasi

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuat taman dengan konsep roof garden.

"Kita bisa buat di lantai atasnya, seperti rooftop sekarang ada teknologi yang memungkinkan untuk membuat seperti roof garden ada lapisan tertentu selain sebagai ruang terbuka dan bermain perlu kita buat sisi safety," kata dia di Hotel Kempinski Jakarta Pusat, Rabu 19 September 2018.

Sentosa Sensoryscape: Sensasi Baru di Singapura yang Wajib Dikunjungi!

Tree House, taman vertikal terbesar

Dia melanjutkan dengan adanya roof garden ini, selain bisa untuk lahan terbuka hijau, bisa juga sebagai tempat bermain anak. Roof garden ini pun bisa membuat ruang yang ada di bawahnya menjadi lebih sejuk.

"Fungsi lainnya bisa membuat ruang di bawahnya lebih dingin kalau pakai dek beton akan panas lapisan tanah di atas membuat suhu di lantai bawahnya adem," jelas dia.

Selain roof garden, dia juga menyebut bisa membuat taman mini di bagian balkon atau bagian dalam rumah di lantai satu menggunakan vertikal garden.

Taman Vertikal

"Bisa balkon, tetapi disiasati letak atau balkonnya bisa lebih maju supaya enggak ketutup sinar matahari," jelas dia.

"Menggunakan vertikal garden memang harus dapat kena sinar matahari apakah di lantai dasar dan jarak cukup jauh dengan dinding minimal 60 cm biar tumbuh subur. Memang enaknya vertikal bisa lihat dari ruang dalam," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya