Para Arsitek Ditantang Ciptakan Bangunan Bertema Budaya Indonesia

Kohler Bold Design Awards 2018 Indonesia
Sumber :
  • VIVA/ Isra Berlian

VIVA – Semakin banyak orang kreatif menciptakan bangunan yang inovatif. Bukan sekadar tempat tinggal atau bahkan bangunan biasa, namun sengaja dirancang dengan nilai seni tinggi dan multifungsi.

Bisa Ditiru, Desain Interior Hangat untuk Momen Spesial Idul Fitri

Karena hal tersebut, Kohler menggelar KOHLER Bold Design Award (KBDA) untuk pertama kalinya di Indonesia. Kompetisi ini diharapkan bisa terus memicu industri desain dan mengembangkan proyek-proyek yang bisa mempromosikan praktiknya tidak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia.

President of Kohler Kitchen and Bath Asia Pasifik, Angel Yang mengatakan, Indonesia kaya dengan gedung-gedung yang memiliki desain menakjubkan, beberapa di antaranya sudah memperoleh penghargaan di Asia Tenggara dan dunia.

Pihak Arsitek Angkat Bicara Soal Kasus Wulan Guritno-Sabda Ahessa

Bahkan lanjut dia, sejumlah desainer dari Indonesia memenangkan penghargaan internasional atau bekerja di proyek bertaraf internasional.

Para peserta harus menunjukkan boldness dan kreatif, estetika, desain yang berguna dan praktis, serta bisa memiliki dampak serta mengembangkan standar desain di Indonesia. Mereka akan berkompetisi di beberapa kategori seperti vila, apartemen, hunian bertingkat, hotel resor/urban, rekreasi, dan budaya.

Kembali Digelar, Forum Arsitek Arch.ID Pamerkan Gagasan Placemaking dan Toleransi

Di sisi lain, President Himpunan Desainer Interior Indonesia, Lea A Aziz kepada VIVA menjelaskan bahwa para peserta seperti arsitektur ritel, desainer dan pengembang properti serta operator hotel yang akan mengikuti ajang ini haruslah menampilkan sisi kebudayaan Indonesia dalam rancang desain mereka terutama desain interior.

"Harus menampilkan culture Indonesia, bisa buat culture dibikin modernisasi desain color of Indonesia, warna budaya Indonesia dengan cara modernisasi kekinian harus masuk," kata dia di Hotel Kempinski Indonesia Jakarta Pusat, Rabu 19 September 2018.

Dia melanjutkan, ajang ini pun menjadi ajang luar biasa karena tidak ada batasan antara desain di asia pasifik.

Di sisi lain, salah satu juri, dari Hadiprana Desain Consultant yakni Ir. Faried MS. Masdoeki menjelaskan untuk segi bangunan sendiri kriteria pemenang akan ditentukan dari bagaimana bangunan yang dibuatnya itu merespons terhadap lingkungan sekitarnya termasuk cuaca, matahari dan kebudayaan setempat. Kedua, bagaimana konteks budaya ini dibungkus oleh inovasi untuk fungsi baru di masa depannya misalnya, kondominium untuk lifestyle.

"Ketiga comfort dengan si pemakainya, fungsinya harus benar lihat desainnya user-nya nanti layout pemakaiannya seperti apa itu yang memengaruhi proses penjurian," kata dia.

Peserta yang tertarik mengikuti Kohler Bold Design Awards bisa mengumpulkan karya mereka ke website resmi Kohler Bold Design Awards mulai 19 September 2018 hingga 8 Januari 2019.

Nomine Kohler Bold Design Awards akan diumumkan pada 1 Februari 2019. Pemenang akan diumumkan dalam gala dinner dan seremonial award pada Maret 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya