Ciptakan Rumah yang Nyaman, Anda Harus Tahu Pakemnya

Ilustrasi rumah rapi dan lapang
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Menciptakan rumah yang nyaman tidaklah mudah. Maka dari itu, penting untuk mencari tahu, apa saja yang perlu diperhatikan saat merencanakan untuk membangun sebuah hunian agar nyaman saat ditempati.

Strategi Perumnas Gandeng Telkomsel Sasar Pasar Hunian bagi Milenial dan Gen-Z

Ir. Faried MS. Masdoeki dari Hadiprana desain consultant saat ditemui VIVA belum lama ini menjelaskan bahwa kriteria utama dalam menciptakan rumah yang nyaman adalah sistem sirkulasi udara dan pencahayaan yang tepat.

"Pertama cukup cahaya yang masuk, ini membuat rumah kita jadi sehat. Ada penghawaan yang bagus maksudnya ventilasi, kita pastikan desain rumah kita banyak bukaannya ke arah matahari yang cukup lebar sehingga sirkulasi udara dan cahaya matahari bagus," kata dia saat ditemui di Hotel Kempinski Jakarta baru-baru ini.

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni

Kedua, yang perlu diperhatikan adalah menata interior rumah tersebut menggunakan barang yang ergonomis dan nyaman.

Khusus untuk pemilik rumah dengan lahan tanah yang terbatas, Selain sirkulasi udara dan pencahayaan, yang mesti diperhatikan adalah meletakkan furniture yang sifatnya fix bukan loose furniture. Mengingat kata dia jika menggunakan furniture yang sifatnya loose akan memerlukan space yang besar.

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

"Bisa cari yang menempel di dinding karena basicnya baik rumah besar dan kecil butuh kursi perlu duduk, tempat tidur, perlu tempat makan. Tapi sizenya tidak terlalu besar bisa diakali dengan fix yang nempel di dinding," kata pria berkaca mata ini.

Dia melanjutkan, yang perlu diperhatikan juga adalah menggunakan warna terang pada dinding, sehingga warna dinding bisa memantulkan cahaya. Dan membuat suasana lebih nyaman dan luas.

Kalau bisa ketika dirancang, usahakan langit-langit rumah dan lantai berjarak minimal tiga meter.

“Nanti rasanya adem sehingga aliran udara lancar. Kalau kurang dari itu bisa tapi kurang nyaman," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya