Tips Lindungi Tempat Tinggal dari Hantaman Gempa dan Tsunami

Ilustrasi rumah
Sumber :
  • Pexels/Pixabay

VIVA – Tragedi gempa dan tsunami yang menimpa masyarakat Donggala, Sigi dan Palu, Sulawesi Tengah menjadi trauma tersendiri.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Penting bagi siapapun untuk mempersiapkan diri agar bisa selamat dari terpaan tsunami. Banyak hal yang harus dipersiapkan, termasuk mempersiapkan bangunan ataupun hunian yang kokoh dan bisa terhindar dari Tsunami. Ini penting, bukan hanya untuk mencegah banyaknya korban jiwa, tapi juga untuk melindungi properti Anda agar tidak rusak parah akibat Tsunami.

Seperti dilansir laman Lincolncity, berikut tips bagaimana melindungi properti Anda dari bencana Tsunami

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Jauh dari Garis Pantai

Hindari membangun atau tinggal di gedung-gedung yang berjarak beberapa ratus kaki dari garis pantai. Daerah-daerah ini lebih mungkin mengalami kerusakan akibat tsunami, angin kencang, atau badai pantai.
    
Buat Daftar

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Buat daftar barang untuk dibawa saat terjadi tsunami. Daftar ini akan membantu Anda mengingat apa pun yang bisa hanyut oleh air tsunami.

Rumah Tinggi
    

Bagi Anda yang tinggal di dekat pantai, tinggikan rumah-rumah di pesisir. Sebagian besar gelombang tsunami kurang dari 10 kaki. Meninggikan rumah Anda akan membantu mengurangi kerusakan pada properti yang Anda miliki dari limpahan air tsunami.

Ikuti Aturan

Ikuti beberapa tindakan pencegahan kesiapsiagaan terhadap banjir. Tsunami adalah sejumlah besar air yang menabrak garis pantai dan menimbulkan banjir.

Minta Saran

Jangan segan melakukan konsultasi pada seorang ahli seperti arsitek untuk memeriksa rumah Anda dan meminta saran tentang cara membuat rumah lebih tahan terhadap air tsunami. Mungkin ada cara untuk mengalihkan gelombang menjauh dari properti Anda.

Kokohkan Dinding

Dinding yang tidak dibangun dengan benar bisa membuat situasi menjadi lebih buruk. Berkonsultasi dengan seorang profesional untuk meminta nasihat, bagaimana membangun dinding yang kokoh.

Asuransi

Bicaralah dengan agen asuransi Anda. Apakah asuransi yang Anda pilih termasuk untuk menyelamatkan rumah dari hantaman tsunami. Dan tanyakan tentang keuntungan apa saja yang bisa Anda peroleh jika tempat tinggal Anda dilanda bencana, baik banjir, tsunami ataupun gempa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya