6 Penyebab Utama Kebakaran Rumah, Nomor 4 Tak Terduga

Ilustrasi lilin
Sumber :
  • dok. pexels

VIVA – Api tidak bisa diprediksi, menyebar dalam hitungan detik dan bisa membakar habis rumah. Api membahayakan semua orang yang berada di rumah, bahkan percikan kecil sekali pun bisa mengakibatkan kerusakan berbiaya besar.

Subhanallah! Al Quran Utuh saat Kebakaran Hebat Hanguskan 10 Rumah di Makassar

Dalam kondisi tertentu, benda sehari-hari yang berada di dalam rumah bisa menyulut api. Mengetahui apa saja penyebab utama kebakaran bisa membantu Anda mengurangi risiko kebakaran untuk menjaga keluarga dan aset.

1. Aktivitas masak

Kebakaran Rumah di Setiabudi Jaksel, 24 Unit Damkar Dikerahkan Padamkan Api

Api dari memasak menjadi penyebab paling umum kebakaran rumah, dilansir dari thespruce.com. Lemak sisa memasak sangat mudah terbakar pada suhu panas. Begitu api tersulut, sulit untuk memadamkannya.

Oleh sebab itu, jangan pernah meninggalkan dapur tanpa membersihkan lemak sisa memasak. Banyak kebakaran rumah terjadi karena pemilik rumah meninggalkan masakan di atas kompor tanpa pengawasan. Saat api diketahui, biasanya sudah terlambat untuk dicegah.

Api Melahap Puluhan Rumah di Yapen Papua, Satu Warga Terluka Bakar

Jangan pernah meninggalkan alat masak di atas kompor yang menyala, serta bersihkan alat masak untuk mencegah terbentuknya lemak.

Ilustrasi peralatan masak

2. Rokok

Merokok berbahaya untuk kesehatan dan juga berpotensi sebabkan kebakaran di rumah. Terutama merokok di tempat tidur, berbahaya dan harus dihindari. Hanya diperlukan sedikit serpihan abu api rokok yang memercik ke atas kasur, seprei, karpet atau pakaian untuk menyulut api. Sebaiknya biasakan merokok di luar rumah dan pastikan rokok sudah padam sepenuhnya.

3. Lilin

Lilin yang menyala sangat berbahaya jika ditinggalkan tanpa pengawasan. Jika lilin terjatuh, atau suatu benda yang mudah terbakar berada di dekat lilin, maka api dengan mudah akan tersulut.

Korek api yang dipakai untuk menyalakan lilin juga berbahaya jika diletakkan di tempat yang bisa diraih oleh anak-anak. Simpan korek api pada tempat yang aman jika Anda punya anak kecil di rumah. Satu hal lagi, jangan tinggalkan lilin menyala di ruangan yang tidak ditempati.

Pohon Natal Kylie Jenner.

4. Pohon Natal

Pohon Natal sudah menjadi tradisi bagi umat Kristiani, tapi terdapat risiko yang mengintai. Pohon Natal yang terbuat dari pohon asli akan mengering sehingga mudah tersulut api.

Pohon Natal plastik memang lebih aman, tapi korsleting dari hiasan lampu bisa memicu api. Belum lagi jika ada anak-anak yang sedang bermain di sekitar pohon natal tersebut, risiko tertimpa atau kejatuhan pohon natal juga bisa sangat mungkin terjadi pada anak-anak.

Jadi, selain jangan pernah meninggalkan pohon Natal dalam keadaan menyala saat tidak ada orang di dalam rumah, Anda juga harus memilih tempat yang aman untuk meletakkan pohon natal agar tidak membahayakan keselamatan anak-anak Anda.

5. Cairan kimia

Kebakaran yang berasal dari cairan kimia sering ditemui. Jika oli, cairan pembersih atau cairan lain yang mudah terbakar terpapar suhu panas, maka akan muncul api atau ledakan. Selain cairan, uap juga mudah terbakar.

Lap yang sudah terkena cairan yang mudah terbakar akan terbakar jika terbentuk uap dan suhu menjadi terlalu panas. Simpan semua bahan kimia dalam kemasan yang semestinya lalu letakkan di lokasi yang tidak panas. Cuci bersih lap sehabis digunakan untuk menghilangkan sisa bahan kimia.

Peralatan pembersih lantai.

6. Alat listrik

Alat listrik bisa picu kebakaran jika terjadi korsleting atau kelebihan muatan listrik. Jika Anda mencolokkan kabel yang terkelupas ke stop kontak, percikan api bisa muncul dan memicu kebakaran. Sebaiknya minta teknisi untuk memeriksa kondisi listrik di rumah, terutama jika Anda tinggal di bangunan lama.

Benda-benda yang mudah terbakar harus disimpan dengan baik, serta sumber tidak boleh ditinggalkan tanpa pengawasan. Pasalnya, sebuah kesalahan kecil berpotensi memicu api, jadi luangkan waktu lebih untuk memastikan rumah Anda aman.

Tapi ada baiknya jika usaha perlindungan rumah yang Anda lakukan maksimal. Selain usaha pencegahan, memiliki asuransi rumah juga bisa melindungi aset Anda dari segala kemungkinan buruk.

Jangan berpikir kalau asuransi rumah itu mahal, lho! Sebab kini asuransi rumah bisa didapat dengan premi terjangkau untuk benefit maksimal, seperti yang ditawarkan oleh happyHome dari happyOne.id.

Asuransi khusus rumah ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. HappyHome Tak hanya memberikan perlindungan rumah dari kebakaran, tapi juga sambaran petir, ledakan, kerusakan akibat pesawat atau FLEXAS (Fire, Lightning, Explosion, Impact of Aircraft, Smoke) berupa biaya penggantian risiko.
 
Asuransi happyHome juga dilengkapi manfaat tambahan lainnya, yaitu biaya tempat tinggal sementara, biaya pembersihan puing, biaya pemadam kebakaran hingga santunan pembelian perabotan kembali akibat kebakaran. Info lebih lengkap mengenai manfaat dari happyHome bisa dilihat di www.HappyOne.id.
 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya