Heboh Apartemen Mini Separkiran Satu Mobil Seharga Rp5 M

Apartemen berukuran mini di Hong Kong
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Hong Kong memang dikenal dengan apartemen nano yang mahal. Tapi, baru-baru ini satu developer properti membuat heboh dunia karena menjual apartemen yang lebih sempit dari satu ruang parkir.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Dilansir dari laman Oddity Central, sebuah developer real estate mengungkap sebuah apartemen T-Plus, apartemen tipe baru yang disebut dengan 'apartemen kotak sepatu'. Ukurannya hanya sekitar 11,8 meter, sehingga menjadikannya apartemen yang lebih kecil dari rata-rata tempat parkir di Hong Kong (12 meter).

Meski ukurannya yang sangat kecil, unit perumahan T-Plus dilengkapi dengan segala amenitas yang dibutuhkan oleh satu orang, meliputi dapur, toilet, ruang penyimpanan, lemari es, tempat tidur, dan meja makan. Fasilitasnya cukup mengagumkan mengingat apartemen yang begitu kecil, yang hanya butuh lima langkah dari ujung ke ujungnya.

Detik-detik Wanita Muda Tewas Jatuh dari Lantai 9 Apartemen di Penjaringan

Tata ruang dari apartemen mikro T-Plus nampaknya terinspirasi dari hostel bagi para mahasiswa yang memanfaatkan ruangan kecil untuk fungsi maksimum. Gedung apartemen Hong Kong yang baru diselesaikan ini memiliki 73 apartemen mikro T-Plus dan developer berharap bisa menjual sebagian besarnya saat penjualan Desember tahun lalu. Sayangnya, unit yang amat sangat kecil itu gagal menarik pembeli dan perusahaan itu hanya berhasil menjual dua saja.

Terpopuler: Fakta Baru Sekeluarga Lompat dari Apartemen, Ridwan Kamil Bimbang antara Jabar atau DKI

Menurut Sammy Po Siuming, Direktur Eksekutif divisi residensial di Midland Realty, itu adalah hasil penjualan terburuk saat ini.

Apartemen T-Plus dijual dengan harga fantastis HK$2,85 juta atau sekitar Rp5,1 miliar. Tapi, percaya atau tidak, harga tersebut disebut lebih murah dibandingkan harga rata-rata apartemen mungil lainnya. Pada bulan Maret tahun lalu, apartemen mikro berukuran 19,4 meter yang berada di area Pok Fu Lam Hong Kong dijual tidak kurang dari HK$7,90 juta atau sekitar Rp14,3 miliar.

Meski apartemen berukuran kurang dari 12 meter terdengar lebih seperti kandang dibandingkan tempat tinggal, para developer di Hong Kong justru bisa membuat yang lebih kecil lagi. Di tahun 2016 lalu, sebuah perusahaan mengajukan rencana pada departemen bangunan Hong Kong untuk mengubah gedung komersil menjadi kompleks apartemen dengan 68 unit yang masing-masing unitnya berukuran hanya sekitar 5,7 meter. Ini bahkan lebih sempit dari sel penjara. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya