Banyak Ditanam di Amerika, Tanaman Ini Berasal dari Indonesia

Tanaman Heuchera banyak ditemui di Amerika berasal dari Indonesia
Sumber :
  • VIVA/ Ichsan Suhendra

VIVA – Tanaman Heuchera yang banyak ditemui di Amerika, rupanya berasal dari Indonesia. Salah satu pengekspor tanaman tersebut adalah PT Agri Kultura, yang terletak di Pacet, Mojokerto.

10 Tanaman yang Bisa Mengurangi Polusi Udara di Rumah

Dalam satu tahun, ada lebih dari satu juta tanaman yang dikirim ke Negeri Paman Sam tersebut.

“Kalau ke Inggris, sekitar 53 ribu. Kalau ke Amerika, ada 1.200.000 dibagi ke beberapa pengiriman,” kata General Manager PT Agri Kultura, Pinilih Nugrahani, saat berbincang dengan VIVA, baru-baru ini.

Sosok Mang Uprit, Pria yang Marah Edelweiss Rawa di Ranca Upas Hancur Digilas Trail

Jumlah tersebut terdiri dari berbagai macam jenis tanaman. Mulanya, tanaman itu dikembangkan secara kultur jaringan. Bibit awal diimpor kemudian diperbanyak di Indonesia dan dikirimkan lagi ke negara asalnya. Tanaman dikembangkan sesuai permintaan negara tersebut.

Tanaman Heuchera banyak ditemui di Amerika berasal dari Indonesia

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Lepas Ekspor Tanaman Hias

“Kita tidak impor benih, kecuali varietas baru atau motherplan-nya enggak layak diproduksi lagi,” ujar wanita yang akrab disapa Hani tersebut.

Pemerintah melalui Direktur  Pengolahan dan Pemasaran Hasil Holtikultura  Kementan, Yasid Taufik yang mengunjungi tempat tersebut menyarankan beberapa hal. Salah satunya, tanaman dari Indonesia yang dikirim ke Amerika. Sayangnya, hal itu masih belum bisa terlaksana.

“Enggak bisa, karena tidak sesuai, cahayanya, kelembaban atau intensitas lainnya,” ucap Hani.

Mereka juga terus melakukan inovasi. Rencananya, tumbuhan obat atau bawang juga akan dikembangkan secara kultur jaringan di tempat tersebut. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya