Aturan Feng Shui: Jangan Letakkan Banyak Cermin di Kamar Tidur

Ilustrasi kamar tidur.
Sumber :
  • Pexels/Mary Whitney

VIVA –  Menata kamar tidur biasanya disesuaikan dengan selera pemiliknya. Tapi percaya atau tidak, menata ruang ini sesuai feng shui dianggap bisa membantu orang yang tidur di dalamnya beristirahat lebih baik. Boleh dicoba atau tidak, berikut ini cara menata ruang kamar dan cara untuk mengatasi jika sudah terlanjur tidak sesuai, seperti disampaikan ahli Feng Shui, Jennie.

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni

Tidak boleh membelakangi jendela

Punya ranjang yang menempel dengan jendela atau menghadap jendela, menurut feng shui posisi ini tidak baik. Ranjang sebaiknya menempel atau bersandar di dinding yang stabil, termasuk tidak boleh juga menempel jika belakangnya adalah kamar mandi.

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

Tak perlu bingung jika sudah terlanjur memiliki susunan ruang seperti itu, masih ada cara mengakalinya.

"Kasih jarak antara ranjang dan jendela, intinya enggak boleh nempel jadi satu. Bisa taruh lemari, atau kalau mau renovasi buat lengkung masuk entah maju atau mundur, renovasi sedikit di tembok agar lebih seimbang," kata Jennie.

Menpan-RB Sebut Setiap ASN di IKN Dapat Satu Unit Hunian Apartemen Seluas 98 Meter Persegi

Kamar tidur  dengan warna spiced honey

Kaca

Sering merasa tidur tak nyenyak, coba cek ada berapa banyak cermin dalam kamar tidur. Menurut feng shui, kamar tidur sebaiknya tidak memiliki banyak cermin. Akan jauh lebih bagus justru jika tidak ada kaca.

"Enggak (ada cermin) malah enggak apa-apa  Taruh kamar mandi sekalian," kata Jennie.

Kamar mandi dalam

Keberadaan kamar mandi dalam kamar dianggap memudahkan pemiliknya untuk beraktivitas sekaligus menjaga privasi. Belum lagi konsep rumah sekarang, di mana semuanya menjadi satu. Dianggap tak baik dan biasanya tak bisa dihindari, ada cara mensiasatinya, dengan meletakkan pintu tambahan atau lemari.

"Kalau mungkin depan pintu kamar mandi dikasih lemari lagi jadi ada dua pintu, tapi kalau ruangannya enggak memungkinkan ya berarti dikasih tirai lagi di depan pintu kamar jadi semacam ada dua pintu. Satu lagi, pintu kamar mandi paling simpel jangan selalu kebuka,, ditutup."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya