Desain Unik Rumah Ridwan Kamil, Dibangun dari 30 Ribu Botol Bekas

Rumah Ridwan Kamil
Sumber :
  • Youtube Good Friend

VIVA – Punya rumah dengan konsep yang unik dan tak biasa, tentu bisa jadi kebanggaan dan kenyamanan tersendiri. Seperti halnya, rumah kediaman Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Huniannya di kawasan Cigadung, Bandung sempat menjadi sorotan karena memiliki desain dan konsep yang tak biasa.

4 Rumah Selebriti Punya Dekorasi Barang Langka dan Tak Biasa

Jika umumnya dinding rumah dibuat dari adukan semen, pasir dan juga tumpukan batu-bata, tidak demikian dengan hunian  pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

Karena memiliki latar belakang profesi sebagai arsitek, Kang Emil memiliki ide membangun rumah dengan dinding dari 30 ribu botol bekas. Lewat video yang diunggah akun YouTube Good Friend, rumah kediaman Kang Emil ini menjadi perhatian. Dan mungkin juga, bisa jadi inspirasi untuk Anda.

Rumah Unik Chef Renatta, Gambar Masa Kecil yang Terwujud

Lewat video tersebut, Kang Emil menceritakan, ia senang dan bangga bisa mendesain rumah dengan konsep yang unik.

Di bagian depan rumahnya, ia menceritakan sengaja membuat kolam ikan. Ia pun menceritakan makna di balik kolam ikannya.

Ridwan Kamil: Covid-19 Penyakit Orang Kota

"Saya suka air, air bikin saya tenang," katanya.

Saat membangun rumah dengan dinding dari 30 ribu botol, Kang Emil pun punya tujuan. "Saya punya cita-cita, dari sampah jadi berkah," katanya.

Ia pun mengaku terinspirasi untuk membangun rumah botol karena dahulu, para pekerja bangunan di rumahnya selalu mengonsumsi minuman berenergi. Sayang botol terbuang sia-sia, Kang Emil pun mencucinya dan terlihat berkilau. Dari situ dia berpikir, mengapa tidak dimanfaatkan untuk dijadikan dinding hunian. Tak hanya unik, botol ternyata juga bisa menciptakan hunian yang teduh.

"Botol minuman energi ini secara ilmiah juga bisa mengurangi suhu, jadi kalau di luar panas di dalam enggak panas, karena si panasnya terperangkap di dalam ruang hampa di dalam botol," terangnya.

Tak hanya itu, botol itu juga punya warna coklat sehingga bisa terlihat serasi dengan warna kayu dan lain-lain.

Untuk membuat rumah botol ini, diakui Kang Emil, dia harus mengumpulkan 30 ribu botol bekas hingga enam bulan. Meski cukup lama, ia merasa bangga, karena di tahun 2009, huniannya mendapatkan sebuah penghargaan.

"Alhamdulillah 2009 akhirnya rumah ini terpilih jadi bangunan paling ramah lingkungan di benua Asia, Asia Green Design Awards," katanya.  

Untuk merawat rumah botol seluas 373 meter persegi ini, katanya tidak sulit, hanya disemprot dengan air.

Bagaimana, tertarik untuk membuat hunian unik dari botol seperti Kang Emil? (tsy)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya