Janda Bolong-Kaktus, Deretan Tanaman Hias Bikin Udara di Rumah Sehat

Ilustrasi Kaktus
Sumber :
  • Pixabay/ milivanily

VIVA – Meletakkan tanaman di dalam ruangan, bukan hanya mempercantik sudut rumah, tapi juga memberikan efek kesehatan untuk penghuninya.

Tidak Penuhi Kewajiban Karantina, Tumbuhan Kaktus Asal Impor Dimusnahkan

Jika tertarik untuk menjadikan tanaman sebagai hiasan di dalam rumah, Anda harus tahu, ada beberapa jenis tanaman yang menyehatkan udara di dalam ruangan.

Jika diletakkan dalam rumah, tanaman-tanaman ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut deretan tanaman yang baik diletakkan dalam rumah seperti dikutip dari tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, edisi 26 Maret 2019.

Jadi Makanan Warga Gaza Cegah Kelaparan, Ini Kandungan Nutrisi Tanaman Kaktus

Lidah Buaya

Tanaman aloe vera ini dianggap sebagai indikator kesehatan udara ruangan. Tanaman ini mampu membersihkan udara dari polutan, satu pot lidah buaya kemampuannya sama dengan sembilan pembersih biologis. Jika polutan di udara tinggi, daun tanaman akan terlihat berbintik hitam, ini bisa jadi indikator udara di sekitarnya kotor.

Warga Gaza Dilanda Kelaparan, Incar Kaktus Jadi Makanan

Lidah buaya.

Sirih Belanda

Manfaat Sirih Belanda (Scindapsus aureus) sudah banyak diketahui sejak zaman dahulu. Bukan cuma sekadar tanaman biasa, sirih belanda juga sering dimanfaatkan sebagai penyerap racun yang terdapat pada asap rokok. Setidaknya ada 2 jenis racun mematikan yang mampu diserap oleh daun Sirih Belanda yaitu racun formaldehida dan benzene.

Untuk mendapatkan manfaat tanaman ini tidak sulit. Cukup dengan menanamnya di sekitar rumah, di teras, di pekarangan rumah atau di sekeliling rumah. Selain sebagai penetral udara dari zat racun asap rokok, tanaman ini juga sebagai tanaman hias yang akan mempercantik rumah Anda.

Perlu diketahui,1 meter persegi tanaman ini, bisa menyerap zat-zat berbahaya seperti benzena, dan senyawa kimia berbahaya lainnya.

Kaktus

Meski berduri, tanaman ini sangat cantik jika diletakkan di beberapa ruang dalam rumah. Jenisnya yang beragam dan imut juga praktis perawatannya. Tapi tahukah Anda, kaktus ternyata, jika diletakkan dalam ruangan mampu membuat rumah bebas bakteri. Ini, karena kaktus memiliki kemampuan menghilangkan bakteri, bisa kurangi efek radiasi dan serap karbondioksdisa dalam ruangan dan menyebar oksigen di dalam rumah.

Budidaya tanaman kaktus di Bandung, Jawa Barat

Lidah Mertua dan Janda Bolong

Cantik, dan mudah ditanam, ternyata tanaman yang diberi nama Lidah Mertua atau janda Bolong ini memiliki manfaat luar biasa jika ditanam dalam pot dan diletakkan di dalam rumah. Tanaman ini, bermanfaat sebagai saringan udara yang dapat menyerap racun berbahaya dari asap rokok, penggunaan bahan-bahan elektrokik, AC hingga oven microwave. Tanaman ini mudah dibudidayakan, hingga jadi favorit masyarakat Indonesia.

Lidah mertua

Monstera

Tanaman hias yang banyak tumbuh di hutan tropis ini belakangan juga sering dijadikan tanaman hias yang diletakkan di dalam rumah. Selain mudah dirawat dan tahan dalam berbagai jenis penyakit tanaman,
monstera juga membuat ruangan nyaman karena bisa menyerap racun dalam rumah. (nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya