Tak Hanya di Kain, Kini Motif Batik Ada di Cangkir

Teko batik wastraloka
Teko batik wastraloka
Sumber :
  • Instagram/@wastraloka

VIVA – Belakangan motif batik banyak diaplikasikan ke berbagai material dari kayu hingga makanan. Semakin menarik jika motif batik juga bisa diaplikasikan pada ukiran cangkir maupun lampu.

Wastraloka merupakan salah satu produk homedecor yang mengedepankan motif batik sebagai ciri khasnya. Motif-motif batik tersebut ingin tetap dilestarikan tanpa merusak bentuk aslinya melalui produk buatan mereka seperti cangkir, teko, watercan, nampan, piring, hingga lampu.

"Awalnya sering memotong kain batik lalu ditempel di tas, tapi batiknya jadi rusak. Karena kami ingin tetap lestarikan batik, jadi ide ini muncul melalui pajangan, namun yang bermanfaat seperti cangkir, teko, atau kaleng kerupuk," ujar Owner Wastraloka Eni Anjayani di acara Inacraft 2019 di JCC, Jakarta, Jumat, 26 April 2019.

Sejak berdirinya pada tahun 2014, produk asal Yogyakrta ini sudah mengeluarkan ratusan produk homedecor dengan berbagai motif. Pada tahun 2019, koleksi yang ditampilkan adalah warna biru putih dengan motif encim, mega mendung, serta tiga negeri.

"Kita bisa bikin semua warna, tapi edisi 2019 memang sengaja konsep warnanya adalah biru dan putih," ujar dia.

Sebanyak 10 orang artist mengerjakan berbagai motif di atas produk homedecor milik Wastraloka. Bahan yang digunakan pun sangat ramah lingkungan karena dibuat dari bahan sisa lembaran kaleng.