Tips Menyiapkan Rumah Menghadapi Musim Hujan

Ilustrasi rumah musim hujan
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Setelah cuaca panas beberapa bulan ini melanda, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa musim hujan akan tiba di awal November 2019. Titik tertinggi curah hujan diperkirakan akan jatuh pada Februari 2020.

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni

Dalam kondisi ini, masyarakat Indonesia sering dihadapkan pada permasalahan rumah huniannya. Permasalahan musim hujan seperti dak beton bocor dan air merembes masuk dapat mengakibatkan plafon dan dinding rumah cepat rusak dan berjamur. Jika kondisi tersebut dibiarkan, tidak hanya merusak rumah namun juga dapat membahayakan penghuninya.

Salah satu solusi mempersiapkan musim hujan adalah melapisi dinding hingga plafon rumah dengan cat pelapis. Namun sayangnya beredarnya berbagai produk cat pelapis anti bocor membuat konsumen harus lebih selektif dalam memilih.

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

General Manager Commerce PT. Adhi Cakra Utama Mulia, cat Aquaproof, Anthony Kostka mengatakan pilihlah produk yang terbukti melindungi rumah.

"Cat pelapis anti bocor sebaiknya yang memiliki daya lekat dan ketahanan sangat baik sehingga cocok diaplikasikan di tempat yang rawan tergenang air seperti dak beton," ujarnya kepada VIVA beberapa waktu lalu. 

Menpan-RB Sebut Setiap ASN di IKN Dapat Satu Unit Hunian Apartemen Seluas 98 Meter Persegi

Selain itu ia mengatakan bahwa ada produk dengan inovasi akrilat poliuretan yang berperforma tinggi untuk melapisi struktur horizontal dan vertikal, baik pelapis interior maupun eksterior. 

"Pilihlah cat yang bisa harus bekerja baik di berbagai permukaan seperti logam, beton, dinding bata, GRC, gypsum, dan lain-lain. Lebih baik juga tahan UV, elastis dan minim noda," ujarnya.

Tak hanya itu, ia berpendapat bahwa cara penggunaan cat pelapis itu sendiri harus tepat dan sesuai.
 
"Selain produk yang tepat, cara penggunaannya juga harus tepat agar lapisan anti bocor dapat bertahan lama dan rumah tidak kembali bocor dalam waktu singkat."

Permukaan yang akan dilapisi cat pelapis juga harus bersih, tidak ada kotoran, karat, gemuk, minyak, jamur atau partikel kecil lainnya. 

"Aplikasikan dengan menggunakan brush, roller atau bisa menggunakan sistem semprot tergantung bidang yang akan dilapisi. Khusus area retakan lebar, rawan pergerakan, rawan regangan dan lalu lintas di atas area tersebut maka perlu diperkuat dengan Aquaproof Polyester Mesh atau Supermesh." 
  
Tersedia dalam dua pilihan warna yaitu putih dan abu pro dengan ukuran 4 kg dan 20 kg, dapat ditemukan di modern outlet khusus bangunan dan berbagai toko bangunan di seluruh Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya