7 Trik Cerdas Membuat Rumah Terbebas dari Debu

Ilustrasi ruang tamu.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Rumah adalah ruang pribadi kita, tempat bersantai setelah seharian bekerja. Rumah juga jadi satu-satunya tempat paling aman untuk kita tinggali. Maka dari itu, menjadikan rumah senyaman mungkin sudah menjadi keharusan.

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni

Debu menjadi salah satu masalah yang tak kunjung usai di rumah. Walaupun sudah dibersihkan, debu akan datang lagi dan lagi. Semakin debu menumpuk di rumah Kamu, ini tidak akan sehat bagi orang-orang tercinta yang tinggal di rumah.

Nah, untuk mengusir debu, ada beberapa ide cerdas yang bisa kamu terapkan. Apa saja? Dilansir dari Boldsky, Selasa, 3 Desember 2019, berikut lima tujuh trik cerdas menyingkirkan debu dari rumah kamu.

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

Jangan gunakan karpet

Karpet adalah gudang utama partikel debu. Bahkan, walaupun Kamu membersihkannya setiap hari, Kamu masih perlu mencucinya untuk membersihkannya secara menyeluruh. Sebagai alternatif, Kamu bisa menggunakan karpet atau lantai vinil untuk menjauhkan rumahmu dari debu.

Menpan-RB Sebut Setiap ASN di IKN Dapat Satu Unit Hunian Apartemen Seluas 98 Meter Persegi

Menutup jendela

Jika rumah Kamu menghadap ke jalanan, sangat penting untuk menutup jendela, terutama di jam-jam ramai. Debu dari luar sangat berbahaya, karena mengandung gas dan polutan berbahaya. Sebaliknya, bukalah di pagi atau malam hari untuk mendapatkan udara segar.

Bersihkan AC

Meskipun udara yang berasal dari AC disaring, mereka tidak akan berfungsi dengan baik jika ada penumpukan debu di filternya. Karena itu, membersihkan filter AC secara teratur, akan memastikan kualitas udara yang baik untuk keluarga Kamu.

Rutin bersih-bersih

Membersihkan bantal, gorden, karpet dan barang-barang lainnya sebelum menyapu seluruh tempat, akan memastikan Kamu telah mengumpulkan partikel debu. Terakhir, lakukan pengepelan.

Singkirkan barang yang tidak perlu

Jika Kamu menyimpan barang yang tidak perlu di gudang atau loteng, singkirkan itu semua. Sampah atau barang tidak berguna yang kamu simpan akan menyimpan debu. Menyingkirkannya akan membuat Kamu lebih jarang untuk membersihkannnya.

Kurangi mebel mewah

Barang-barang tekstil seperti linen, satin dan beludru mudah menarik debu. Cobalah untuk menggunakan barang-barang dari kayu dan kulit untuk menghindari penumpukan debu di rumah.

Taruh alas kaki di luar

Alas kaki adalah pembawa utama kotoran dan debu dari luar. Cobalah untuk membatasi penggunaannya hanya di luar rumah dengan membuat rak terpisah di luar. Selain itu, buat juga peraturan untuk tamu agar mereka melepas sepatu sebelum masuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya