Jangan Bergantung pada Pemerintah, Ini 6 Tips Agar Rumah Bebas Banjir

Ilustrasi Banjir
Sumber :
  • Pixabay/Mansi91

VIVA – Hujan deras semalaman yang terjadi pada malam pergantian tahun, membuat banyak wilayah di sekitaran Jabodetabek dikepung banjir. Tidak hanya jalanan, banjir bahkan masuk ke dalam rumah-rumah warga.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Akibat banjir ini, tidak sedikit kerugian yang ditimbulkan. Perabot rumah dan barang elektronik jadi rusak, bahkan rumah bisa saja jadi hancur. Untuk mencegah banjir masuk ke dalam rumah lagi, ada beberapa hal yang sebenarnya bisa kamu lakukan.

Mengingat sekarang baru memasuki musim penghujan, kemungkinan banjir masuk ke dalam rumah masih sangat besar. Jangan selalu menyalahkan pemerintah atau bergantung pada pemerintah untuk penanganan dan pencegahan banjir. Kamu bisa melakukan hal kecil agar banjir tidak masuk ke dalam rumah kamu. Untuk itu, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah banjir masuk ke dalam rumah lagi, seperti dikutip dari Instagram @mejakerjaku.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Baca Juga: Flashback, Dian Satrowardoyo Pamer Foto Kehamilan

Buat lubang biopori
Biopori merupakan lubang resapan berbentuk silinder yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai resapan air untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Lubang ini bisa membuat air hujan lebih mudah meresap ke tanah. Semakin banyak lubang biopori yang dibuat, rumah semakin aman dari bahaya banjir. Cobalah untuk membuat lubang-lubang biopori ini di halaman rumah kamu.

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

Gunakan paving block di halaman rumah
Paving block dapat membantu air menyerap ke dalam tanah. Kamu bisa menggunakan paving block dengan lubang di tengahnya. Terapkan penggunaan paving block ini di sekitar carport rumah kamu.

Jangan tutup selokan
Selokan yang tertutup dapat menghambat aliran air dan membuat air menggenang. Sebelum hujan, cobalah periksa dan pastikan selokan di rumahmu tidak tertutup. Hal lain yang perlu kamu lakukan adalah bersihkan selokan tersebut secara teratur.

Tinggikan permukaan rumah
Cara ini umum dilakukan oleh banyak orang, karena dirasa menjadi solusi yang ampuh untuk mengatasi banjir. Sebelum hujan lagi, cobalah untuk mempertimbangkan melakulan hal ini.

Buang sampah pada tempatnya
Salah satu penyebab banjir berasal dari kesalahan manusia yang kerap membuang sampah sembarangan. Untuk itu, mulai sekarang kamu harus mengubah kebiasaan buruk ini.

Menanam pohon
Mirisnya, di kota-kota besar keberadaan pohon sudah sangat minim dan berganti dengan perumahan dan bangunan-bangunan yang menjulang tinggi. Padahal, keberadaan pohon dapat membantu penyerapan air. Mulailah menanam pohon di sekitar rumahmu yang memilki daya serap tinggi, seperti pacar air, pohon mangga atau pohon dukuh di halaman rumah kamu.

Jika semua orang mulai sadar lingkungan, menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungannya, dan mulai melakukan enam tips ini, bukan tidak mungkin, dampak dan bahaya banjir bisa diminimalisir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya