Musim Hujan Tiba Rawan Rumah Bocor, Persiapkan 5 Hal Ini

Ilustrasi rumah musim hujan
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Musim hujan kini sudah muncul kembali. Di beberapa wilayah di Indonesia, hujan sudah mulai intens mengguyur. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memperkirakan, puncak musim penghujan diprediksi berlangsung pada Januari hingga Februari 2021.

Pemilik Mobil Ini Niat Curhat karena Merasa Terzalimi Pengendara Lain, Eh Malah Kena Hujat

Hujan deras disertai angin kencang tentu membuat penghuni rumah menjadi was-was sebab bisa saja hujan yang menerpa membuat rumah bocor dan rembes. Retak kecil sekalipun pada bagian rumah dapat membuat air mengalir dan merusak bagian rumah tersebut.

Baca juga: Hati-hati, Musim Hujan Bikin Imunitas Menurun

Bocor? No Worries! Merk Cat Ini Berikan Solusi dan Tips Ampuh

Untuk mencegah bocor dan rembes selama musim hujan, berikut ini beberapa tips mempersiapkan rumah memasuki musim hujan dari Aquaproof.

Lakukan pengecekan kondisi rumah

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Saat cuaca panas, pengecekan dapat dilakukan dengan melihat kondisi rumah seperti noda bekas rembes pada plafon, dinding bergelembung dan berjamur, retak pada dinding luar. Saat hujan, cek juga seluruh ruangan adakah tanda-tanda air masuk mengakibatkan bocor dan rembes.

Bersihkan saluran air

Misalnya, saluran air pada atap beton. Jangan biarkan ada sampah yang menyumbat sehingga tidak menimbulkan genangan air terlalu lama.

Pilih produk waterproofing yang efektif

Pemilihan produk juga mempengaruhi investasi jangka panjang bangunan Anda, produk yang tepat membuat umur bangunan lebih panjang dan tidak terulang terus-menerus masalah bocor dan rembes.

Lakukan reparasi mandiri

Cara ini bisa dilakukan pada bagian rumah yang mudah dijangkau. Misalnya, area dinding luar bagian teras dapat dilakukan reparasi mandiri dengan mengelupas cat lama yang sudah jelek, dan melapisinya dengan cat pelapis anti bocor yang andal.

Panggil jasa reparasi

Untuk bagian yang sulit dijangkau dan membutuhkan penanganan khusus. Bagian plafon hingga atap beton maupun atap genteng yang sulit dijangkau, disarankan menggunakan jasa tukang yang lebih paham cara aplikasi dan produk yang tepat. Misalnya, atap beton yang sangat memungkinkan tergenang air saat curah hujan tinggi.

Sebagai salah satu solusi bocor dan rembes, Aquaproof dibuat menyesuaikan kondisi iklim Indonesia dan menjawab permasalahan rumah keluarga Indonesia. Aquaproof kini menghadirkan juga Aquaproof Pro.

Aquaproof Pro dapat digunakan untuk atap beton yang rawan genangan air, dengan inovasi akrilat poliuretan sehingga memiliki sifat waterponding resistant yang sangat baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya