Cantik dan Penuh Makna, Lima Ornamen Imlek Ini Meriahkan Suasana Rumah

Pernak pernik meja makan
Sumber :
  • IKEA

VIVA – Pandemi COVID-19 telah mengubah kebiasaan manusia dalam merayakan berbagai hari besar, termasuk Tahun Baru China atau Imlek. Berkumpul dan mengunjungi rumah keluarga merupakan salah satu tradisi utama dalam perayaan Imlek yang sayangnya tidak dapat dilakukan tahun ini. 

Meriahkan Tahun Naga Kayu di Jakarta, Bank Mandiri Ajak Nasabah dan Mitra Rayakan Imlek

Imlek tahun ini tentu akan terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tetapi bukan berarti kamu tidak bisa ciptakan nuansa Imlek yang seru bersama orang tersayang di rumah. Dekorasi rumah seperti lampu lampion Imlek, hiasan dinding, pohon angpao yang didominasi warna merah dan emas akan mempercantik serta menghadirkan aura positif di rumah kamu.

Buat kamu yang sedang mempersiapkan diri menata rumah dengan beragam ornamen Imlek, ada tips yang bisa jadi inspirasi buat kamu. Ya, menyambut tahun baru Imlek 2021, IKEA menghadirkan ragam ornamen dan aksesoris rumah khas Imlek lewat koleksi Solglimtar. Ragam produk dalam koleksi ini dirancang sedemikian rupa dengan gaya dan desain khas. Selain itu, pernak-pernik Imlek dari koleksi ini juga dapat digunakan sepanjang tahun, tidak hanya pada perayaan Imlek saja. 

Festival Imlek dan Cap Go Meh di Tabanan Bali Berlangsung Meriah

Kamu juga dapat memadukannya dengan perabot atau aksesoris lain yang ada di rumah. Nuansa Imlek yang meriah dapat tercipta dengan praktis tanpa harus menguras kantong. Yuk, simak lima rekomendasi ornamen Imlek cantik untuk memeriahkan perayaan Imlek kamu di rumah saja!

1. Lampion merah, simbol kebahagiaan

Diprotes karena Rayakan Imlek, Begini Penjelasan Inara Rusli

Lampu lampion Imlek

Photo :
  • IKEA

Tradisi yang selalu ada dalam Imlek adalah menggantungkan lampu lampion Imlek. Lampion memiliki makna pengharapan akan banyak keberuntungan, rezeki, dan kebahagiaan yang akan hadir di tahun baru. Lampu lampion Imlek LED yang yang dapat mati secara otomatis setelah enam jam, bisa juga niy jadi pilihan untuk menghias rumah kamu. Penerangan berwarna kuning kemerahan yang lembut akan memberikan kesan hangat dan juga meriah. Lampu gantung hias ini sangat cocok digantung di area ruang keluarga atau ruang makan, untuk melengkapi quality time kamu bersama keluarga.

2. Aneka angpao bermotif cantik

Angpao Imlek

Photo :
  • IKEA

Salah satu dekorasi Imlek yang khas lainnya adalah pohon angpao yang merupakan simbol rezeki dan kesejahteraan di tahun baru. Dekorasi Imlek ini mendukung aktivitas yang paling ditunggu saat perayaan Imlek, yaitu berbagi angpao. Kamu bisa menggunakan amplop uang warna merah dan emas dengan motif ranting dan bunga musim semi. Amplop model ini akan memberikan kesan klasik dan elegan pada pohon angpao di rumahmu. Selain itu, amplop ini dijamin akan berbeda dari amplop-amplop yang biasanya dipakai untuk berbagi angpao dengan keluarga. 

3. Pernak pernik meja makan nuansa Imlek

Pernak pernik meja makan

Photo :
  • IKEA

Acara utama dalam Tahun Baru Imlek adalah makan bersama keluarga di malam tahun baru. Jadikan ruang makan sebagai pusat dekorasi Imlek. Kamu bisa mendekor ruang makan dengan aksesori meja makan yang dirancang dengan desain yang sederhana tetapi bergaya abadi. Kamu bisa menggunakan taplak meja berwarna pastel dengan detail cantik berwarna merah di ujungnya. Selain itu, alas piring atau placemat merah dengan gambar bunga yang dapat memberikan kesan cerah dan kontras di meja makan kamu. Berikutnya hiasan dinding.

4. Hiasan dinding khas Imlek 

Hiasan dinding Imlek

Photo :
  • IKEA

Dekorasi Imlek di rumah kurang terasa lengkap apabila tidak ada hiasan dinding di area ruang keluarga. Hiasan kertas yang diukir dengan ragam gambar tumbuhan atau hewan dan ukiran doa dalam bahasa mandarin adalah dekorasi praktis yang wajib ada di setiap tahun baru Imlek. Pilih hiasan dinding warna merah dan emas dengan desain khas Imlek untuk ditempel di dinding ruang keluarga. Tidak hanya untuk mempercantik ruangan, kamu bisa jadikan hiasan dinding tersebut sebagai backdrop foto bersama keluarga kamu di hari raya Imlek.

5. Sarung bantal warna pastel dengan motif tradisional Tiongkok

Sarung bantal motif warna pastel

Photo :
  • IKEA

Hal praktis lainnya yang dapat dilakukan untuk menghadirkan nuansa Imlek di rumah, yaitu dengan mengganti sarung bantal. Untuk menyeimbangkan tone warna yang didominasi warna merah, kamu bisa menggunakan sarung bantal warna pastel dengan motif tradisional Tiongkok untuk mempercantik sofa di ruang keluarga. Sentuhan motif tradisional Tiongkok ini dapat mempertegas nuansa Imlek yang kental tetapi juga modern dan minimalis di rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya