5 Ide Furnitur Hemat Tempat untuk Hunian Minimalis

Ilustrasi ruangan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Dewasa ini, perabotan rumah tangga yang minimalis menjadi pilihan banyak orang. Desainnya yang menarik serta memberi ruang lebih banyak di dalam hunian kaum urban, membuatnya kian digemari, terlebih di momen Ramadhan ini.

Tips Menyiasati Hunian Mungil dan Minimalis dari Pakar

Hunian yang terdapat banyak barang dan terlihat berantakan, akan membuat penghuninya suntuk dan malas. Sebaliknya, rumah yang nyaman akan membuat penghuninya menjadi tenang di momen Ramadhan tahun itu. Karena itu, solusi untuk menata dekorasi rumah minimalis adalah dengan menggunakan furnitur yang hemat tempat.

Saving space alias hemat tempat menjadi kunci utama dalam memberikan nuansa nyaman di hunian minimalis. Mengapa harus memilih furnitur saving space? Supaya rumah tidak terlalu banyak barang dan memakan tempat.

Intip Trend Furnitur 2023 yang Terinspirasi dari Batu Alam

Owner Decorunic, Wahyu Amiruddin mengatakan bahwa dengan furnitur yang menghemat tempat, penataan rumah akan terasa lebih mudah. Dengan furnitur hemat tempat, ruangan akan terlihat lebih besar dan luas.

"Siapa yang ingin rumahnya terlihat berantakan? Pastinya tidak ada. Karena itu, kami hadir sebagai solusi furnitur yang saving space. Jadi, tidak perlu ada banyak barang di rumah dan lebih menghemat tempat," ujar Wahyu, dalam keterangan persnya.

Inspirasi Tiny House Ala Rumah Container yang Minimalis dan Nyaman Dihuni

Lantas, bagaimana trik membuat hunian minimalis terkesan lebih lapang sehingga memberi ambiens menyenangkan saat momen Ramadhan? Berikut rangkumannya dikutip dari keterangan pers brand lokal asal Jepara, Decorunic.

Rak dinding melayang

Terkadang banyak yang bingung bagaimana menata barang-barang kecil seperti buku. Imbasnya, buku kerap dibiarkan menumpuk dan berserakan di berbagai sudut rumah. Untuk menyiasatinya, gunakan floating shelf (rak dinding melayang) dengan beragam fungsi. Tren yang ada saat ini, rak dinding buku tengan digemari lantaran memberikan sukses membuat hunian terasa lebih lapang.

Meja dinding

Selain rak dinding, tren terbaru saat ini juga menyoroti peran meja dinding yang multifungsi. Meja dinding steffy yang bisa nempel di tembok dan dilipat agar bisa tidak memakan tempat ketika tidak digunakan. Cocok banget untuk kaum urban yang tengah menikmati momen Ramadhan selagi work form home (WFH).

Laci dinding

Lagi-lagi, furnitur yang ditempatkan di dinding akan membuat ruang terasa lebih luas, seperti penempatan laci dinding. Seperti menempatkannya di tiap sudut rumah, misal sisi ranjang di kamar atau sofa di ruang tamu. Laci dinding bisa berfungsi untuk menyimpan barang-barang kecil di dalamnya, sekaligus aksesori seperti pot kecil di bagian atasnya. Cantik tapi minimalis, bukan?

Cermin

Penataan cermin juga berfungsi cukup besar di dalam hunian minimalis. Pemakaian cermin dapat memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Anda bisa menempatkan cermin berukuran besar di dalam kamar. Bisa juga memasang cermin di sekitar dapur yang berukuran mini sehingga terkesan lebih besar.

Sekat

Biasanya, hunian kekinian dibangun dengan minimnya sekat dinding. Untuk itu, Anda bisa menyiasatinya dengan memasang sekat yang bisa dibuka pasang dengan bentuk unik dan sesuai karakter hunian di berbagai tempat. Misal, di kamar sehingga menjadi pemisah tempat untuk tidur dan ruang bekerja. Cara lainnya, pasang sekat di antara ruang keluarga dan dapur untuk memberikan nuansa berbeda di tiap tempatnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya