Tinggal Dekat Stasiun KRL akan Jadi Gaya Hidup Baru

Kawasan Intermoda Cisauk BSD City, Stasiun Cisauk, Tangerang, Banten.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – PT Adhi Commuter Properti menuntaskan struktur utama Tower Sapphire, Cisauk Point di Cisauk, Tangerang, Banten. Hal ini ditandai dengan pelaksanaan penutupan atap (topping off) yang dilakukan secara daring pada Sabtu, 31 Juli 2021.

Jangan Anggap Sepele, Kenali Gejala Hipertensi Sekunder

Cisauk Point merupakan salah satu dari 11 proyek berkonsep Transit Oriented Development (TOD) yang sedang dikerjakan oleh PT Adhi Commuter Properti. Seluruhnya dirancang terintegrasi dengan fasilitas transportasi massal, yang berpotensi dapat meningkatkan nilai investasi.

"Ini (Cisauk Point) merupakan hasil kolaborasi antara Adhi Commuter Properti dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero). Meski dalam situasi pandemi COVID-19 dengan segala tantangannya, kami tetap menuntaskan pembangunan tepat waktu,” kata Direktur Utama PT Adhi Commuter Properti Rizkan Firman, Kamis, 5 Agustus 2021.

Viral Video Satpam KRL Cabut Tanda Jarak Duduk Antar Penumpang

Ia juga menyebut bahwa pembangunan Cisauk Point dimulai sejak November 2017. Jika konsep TOD ini dapat dioptimalkan, stasiun tidak hanya sebagai tempat untuk naik turun penumpang kereta rel listrik (KRL) Commuter Line, namun juga menjadi tempat tinggal yang nyaman, aman, dan terkoneksi dengan kawasan lain, serta menjadi gaya hidup baru.

"Kehadiran Cisauk Point juga mendukung program pemerintah agar masyarakat beralih menggunakan transportasi umum. Kami berharap kemacetan yang ada di wilayah Jabodetabek dapat teratasi dengan menciptakan lingkungan tempat tinggal yang ramah pejalan kaki dan pengguna transportasi umum," kata Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo.

Setahun Beroperasi, KRL Solo-Yogya Layani 2,2 Juta Penumpang

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa ke depannya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mengoptimalkan pemanfaatan lahan di stasiun-stasiun dengan mengembangkan konsep TOD, di mana stasiun akan menjadi simpul integrasi antarmoda sehingga memudahkan penghuni melakukan mobilisasi.

Karena letaknya yang menempel dengan Stasiun Cisauk, maka disediakan jalur pedestrian yang dilengkapi dengan taman kota sepanjang 200 meter. Terlebih lagi, pembangunan jembatan dari Stasiun Cisauk ke Cisauk Point yang sudah mencapai 95 persen.

Proyek ini mencakup enam tower yang terdiri dari empat tower non-subsidi, yakni Sapphire, Amethyst, Ruby, dan Diamond dengan tinggi 24 lantai sebanyak 2.001 unit, dan dua tower subsidi, yakni Jasper dan Agate dengan tinggi 19 lantai sebanyak 640 unit.

Khusus Tower Sapphire, dipasarkan sejak Agustus 2019, telah terserap 90 persen. Adhi Commuter Properti akan melanjutkan pembangunan tower kedua yaitu Amethyst. Sesuai rencana, Tower Amethyst dengan jumlah 559 unit akan mulai dibangun pada triwulan III 2022, dan selesai pada akhir 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya