Jangan Cuma Cantik, Perhatikan Ini Saat Pilih Ubin Rumah

Ilustrasi ruangan bercat putih
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Saat Anda akan membangun atau melakukan renovasi rumah, sebaiknya Anda telah mempersiapkan segala elemen rumah sesuai dengan yang direncanakan. Ubin adalah salah satu elemen penting dari sebuah rumah karena peranannya sebagai pelindung dan penambah estetika di dalam rumah.

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Pada umumnya, pemilik rumah hanya memperhatikan faktor estetika atau keindahan dari ubin tanpa menyelisik lebih lanjut mengenai kualitasnya. Selain itu, bahan pendukung pemasangan ubin seperti semen perekat ubin dan pengisi nat ubin juga memainkan peranan penting dan menjadi faktor penentu kualitas lantai dan tembok ubin.

Dahulu penggunaan nat ubin terbuat dari bahan seperti semen yang dicampur dengan pasir yang hasilnya berwarna abu-abu semen, namun perkembangan produk nat ubin semakin baik dengan mempertimbangkan hasil akhir yang lebih rapi dan memiliki nilai estetika.

Rumah Digruduk Warga, Via Vallen Tetap Santai Update Sosmed Tentang Kehamilan

Saat ini banyak orang sudah beralih menggunakan semen berwarna siap pakai sebagai pengisi nat ubin. Namun selain memperhatikan warna, bagaimana bila pengisi nat tersebut tidak berkualitas?

Pengunaan pengisi nat tidak berkualitas menyebabkan nat mudah lepas yang kemudian menjadi celah bagi kotoran dan kuman serta membuat ubin tidak lagi indah. Selain itu, masalah yang sering ditemukan pada pengisi nat biasa adalah ketahanannya terhadap asam cairan pembersih yang biasanya digunakan di area tertentu, seperti kamar mandi dan dapur yang cenderung terpapar kotoran dan lebih mudah berkerak sehingga membutuhkan cairan pembersih yang kuat.

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, AKP Heru: Diduga Ada Bahan Mercon Sebanyak 1 Kg

Berdasarkan permasalahan-permasalahan yang telah timbul dan dirasakan langsung oleh konsumen, Aquaproof meluncurkan produk pengisi nat terbaik, yaitu Supergrout A+. Supergrout A+ melengkapi portfolio produk Supergrout, sebuah produk yang sudah dikenal sebagai pengisi nat berkualitas oleh konsumen. 

Pengisi nat siap pakai Supergrout A+ memiliki ketahanan terhadap cairan pembersih yang bersifat asam dan bahan kimia lainnya sehingga nat tidak mudah terkikis dan retak, terutama pada area kamar mandi dan dapur. Inovasi bahan dengan Polymerized Acid Resistant Technology pada pengisi nat terbaik Supergrout A+ juga menghasilkan nat yang memiliki daya lekat kuat, warna tahan lama, mudah dibersihkan, tahan jamur dan lumut, tidak menyusut serta tersedia dalam 7 pilihan warna menarik. Supergrout A+ dapat digunakan untuk mengisi nat
keramik, marmer, mozaik dan sejenisnya.

Tips mencegah dan memperbaiki nat keramik yang rusak.

1. Bersihkan dahulu celah pada nat ubin, pastikan bersih dari sisa kotoran seperti debu dan sisa semen
2. Aduk Supergrout A+ dengan air 3:1 hingga merata
3. Tuangkan adukan Supergrout A+ dan paksakan masuk ke bagian dalam nat menggunakan roskam karet
4. Tunggu hingga pengisi nat Supergrout A+
kering
5. Bersihkan sisa Supergrout A+ menggunakan lap basah
6. Rapikan menggunakan grout finisher

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya