Mau Hunianmu Berkonsep Modern? Ini 5 Tips Simpelnya

ilustrasi kamar tidur/rumah.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Rumah kita lebih dari sekadar bangunan yang digunakan sebagai tempat berteduh. Rumah yang kita tinggali juga bisa menunjukkan karakter dari pemiliknya. 

Rumah Digruduk Warga, Via Vallen Tetap Santai Update Sosmed Tentang Kehamilan

Nah, jika kamu menyukai desain rumah yang memadukan kesederhanaan dan personalisasi, desain modern bisa kamu terapkan di rumah. Desain ini mampu menciptakan rumah menjadi lebih fungsional dan bergaya. 

Berikut tips dan trik mewujudkan rumah berdesain modern, dilansir dari Cardello Architects, Selasa, 16 November 2021. 

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, AKP Heru: Diduga Ada Bahan Mercon Sebanyak 1 Kg

Ilustrasi hunian.

Photo :
  • Pixabay

1. Tetap sederhana

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

Sederhana bukan berarti membosankan. Sederhana diartikan dengan bersih, penggunaan warna netral dan bentuk geometris. Cara terbaik untuk membuat ruangan nampak sederhana adalah dengan tidak menaruh banyak barang. Manfaatkan tempat penyimpanan, agar barang-barang tidak terlihat dan tetap mempertahankan fungsionalitas. 

2. Fitur fungsional

Inti dari desain rumah modern, berarti kita masih bisa menggunakan ruangan sebagaimana mestinya, namun tetap menampilkan garis yang bersih dan kesan minimalis. Misalnya, penerapan dapur fungsional, yang tidak hanya bisa digunakan untuk menyiapkan makanan keluarga tapi juga sebagai tempat kerja. 

3. Penerapan teknologi

Pertahankan tampilan dan nuansa bersih melalui teknologi perampingan, seperti memanfaatkan elektronik nirkabel atau memastikan TV dan komputer sesuai dengan desain ruangan. Misalnya peletakan TV yang ditempel di dinding. 

Ilustrasi hunian.

Photo :
  • Dok. Istimewa

4. Selalu terbuka

Ruang terbuka adalah komponen utama dari desain rumah modern. Pertimbangkan juga pemilihan warna, kain atau furnitur, yang akan mendukung tampilan ruang terbuka. Warna-warna terang, juga dapat membantu memberikan nuansa ruang terbuka.

5. Berikan karakter

Apa artinya rumah tanpa karakter? Fungsi utama desain rumah modern adalah fleksibilitas untuk menambahkan sentuhan si pemilik rumah. Buatlah pondasi rumah tetap sederhana dan bersih. Sementara untuk ruang tamu, buatlah lebih menonjol dengan beberapa penggunaan karya seni berwarna-warni. 

Ilustrasi hunian.

Photo :
  • Pexels/Binyamin Mellish

Sebagai informasi, BSA Land resmi meluncurkan perumahan barunya, Amara Village pada Minggu, 10 Oktober lalu di Grand Zuri Hotel BSD, Tangerang. Perumahan yang juga mengusung konsep modern dengan sistem klaster ini, berlokasi di daerah Parung Panjang, Bogor, Jawa Barat.

Sales Manager BSA Land, Agung Cahyadi, mengatakan, sejak peluncuran resmi hingga saat ini, Amara Village telah terjual sebanyak ratusan rumah. Untuk tahap pertama, dibuka dua klaster, yaitu Cluster Akasia dan Cluster Aralia.

"Tersedia juga beberapa fasilitas di sekitar perumahan seperti lapangan outdoor futsal dan basketball, lapangan tenis, jogging track dan taman bermain anak-anak," ujarnya. 

Agung mengungkapkan alasan mengapa perumahan ini cukup banyak diminati. Salah satunya, karena lokasi di sekitarnya telah berkembang dengan banyaknya perniagaan. 

"Juga memiliki akses hanya 10 menit menuju Stasiun KRL Commuter Line Parung Panjang, dan hanya 15 menit menuju pusat kota BSD dengan transportasi KRL Commuter Line. Amara Village pun nantinya akan dekat menuju pintu tol baru Serpong-Balaraja (Serbaraja) yang masih dalam tahap konstruksi," kata Agung Cahyadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya