Ruang Multifungsi Hingga Nuansa Alam, Ini 5 Tren Dekorasi 2022

Ilustrasi dekorasi rumah
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tren dekorasi kerap berkembang seiring dengan kondisi pandemi COVID-19 yang mencetuskan era work frome home (WFH) atau bekerja dari rumah. Tak heran, masyarakat kian gencar mendekorasi kediamannya dengan lebih kreatif dan inspiratif agar makin betah di rumah.

Tren Dekorasi Moderen Estetik di Jakarta Fashion Week 2022

Dikutip dari laman Insider, beberapa tren dekorasi kian diminati lantaran memberi efek rileks namun fokus dalam waktu bersamaan. Apa saja inspirasi dekorasi tahun 2022 mendatang? Berikut ulasannya untuk dicoba di rumah Anda.

Potongan furnitur netral
Wakil presiden gaya untuk desainer interior Modsy, Alessandra Wood, mengatakan kepada bahwa orang-orang kini beralih ke alternatif furnitur netral tradisional. Dia mengatakan warna-warna yang lebih hangat dapat membantu orang menciptakan ruang yang lebih nyaman yang benar-benar dapat ditinggali.

5 Langkah untuk Menciptakan Ruang Multifungsi Nyaman di Rumah

"Kami melihat pelanggan membuang sofa putih, krem, dan gading dan kain berlapis kain untuk warna netral yang lebih kaya dan bersahaja seperti unta, kelabu tua, cognac, karat, dan bijak," katanya.

Warna-warna hangat dan cerah
Senada, pendiri dan desainer utama Maggie Griffin Design, Maggie Griffin menuturkan bahwa warna-warna hangat kian diminati mulai dari konsep cerah, bahagia, warna-warna jeruk seperti pop hijau sejati, kuning ceria, atau oranye punchy untuk mencerahkan kamar mereka.

5 Tren Dekorasi Ini Dianggap Terburuk Sepanjang Masa

Cat abu-abu dengan nada lembut dan cokelat juga sedang naik daun untuk tahun 2022.

"Abu-abu yang hangat tidak terlihat cokelat tetapi menambahkan sentuhan sempurna dari perasaan nyaman dan tenang, yang kami tahu dari Laporan Kesehatan Interior Modsy baru-baru ini adalah dua perasaan teratas yang diinginkan orang di rumah mereka," tambahnya.

Ruangan multifungsi
Kerja di rumah dengan ruang kantor yang multifungsi sepertinya masih tren pada tahun 2022. Merangkul tren ke arah kerja hibrida akan mengharuskan perpindahan ke ruang kerja yang lebih berkembang.

"2020 mengubah cara kita hidup, tidur, dan bekerja. Terjadilah gerakan menuju 'zonasi' dan menciptakan area untuk setiap area kehidupan kita. Membagi menjadi lebih mudah bagi kita untuk menyimpan beberapa normal dalam situasi yang sangat abnormal," ujar Ben White, pakar desain dan perdagangan di Swyft

Tahun depan, kita akan melihat bagian-bagian ruangan yang memiliki fungsi ganda yang dapat beradaptasi. Dengan ruangan terbuka tanpa sekat, ini juga memberi kesan menyenangkan untuk bisa bersama keluarga.

Nuansa retro
"Tren tahun depan akan didorong oleh budaya retro," kata Ben. "Dalam acara TV populer seperti Halston, Glow, dan Pose, misalnya, ada elemen nostalgia desain interior tahun 70-an dan 80-an yang akan mulai muncul kembali tahun depan. Pikirkan kursi berlengan beludru yang mewah, nyaman dengan ujung membulat, item yang memberi kepuasan pada jiwa."

Dalam praktiknya, ini berarti kebangkitan kembali referensi desain nostalgia, seperti boucle, metalik, dan kaca berwarna. Dalam pencahayaan juga, kita diprediksi akan melihat elemen desain tahun tujuh puluhan dan delapan puluhan yang bernostalgia.

"Pada tahun 2022, tren tahun tujuh puluhan akan kembali lebih besar dari sebelumnya, dengan warna hijau luxe, pirus, kuning cerah, dan warna oranye hangat. Untuk sentuhan glamor tahun 70-an yang lebih lembut, lampu berbentuk jamur menambahkan elemen pahatan yang memberikan suasana hangat dari kubah," tutur Direktur Teknis di The Lighting Superstore, Matthew Currington.

Desain yang terinspirasi dari alam
"Membawa bagian luar ke dalam, itu tren yang sudah lama kita bicarakan," kata Ben.

Namun, tahun depan itu akan jadi tren yang masih populer. Kita akan melihat nuansa hijau dan alami berpadu ke dalam interior kita melalui penggunaan tanaman, kayu, dan terakota. Kita mungkin juga melihat penggunaan sofa beludru hijau, dinding dicat sage atau zaitun atau karpet bertekstur goni.

Terlebih, tren permukiman saat ini dan kedepannya menunjukkan bahwa semakin banyak konsumen menginginkan hunian dengan fasilitas ruang terbuka hijau sekaligus memiliki sistem pencahayaan alami, sirkulasi udara yang lancar, serta sistem sanitasi yang baik dan sehat dalam hunian. 

Hal itu yang diusung oleh ASYA dengan konsep 'Beautiful Life, Beautiful Living'. ASYA menawarkan landed house siap huni dengan desain modern dan fungsional, serta menyajikan semua kriteria hunian idaman sesuai ekspektasi konsumen tersebut di atas

(ruang terbuka hijau, pencahayaan alami, sirkulasi udara, sistem sanitasi, dan sistem keamanan yang baik dalam hunian), dengan tujuan memberikan kenyamanan dan meningkatkan kualitas hidup pagi para penghuninya.

Untuk itu, ASYA, projek properti yang digarap oleh tiga developer ternama yaitu ASTRA Property, Hongkong Land, dan Modernland, dengan bangga berhasil meraih dua kategori penghargaan pada Indonesia Property Awards 2021 yang dipersembahkan oleh PropertyGuru pada Selasa, 30 November 2021 di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta.

Melalui ajang penghargaan bergengsi ini, Cluster Sentarum at ASYA terpilih sebagai pemenang Best Housing Development dan Cluster Toba Lake Villas at ASYA juga dinobatkan sebagai pemenang Best Housing Landscape Architectural Design.

“Ini adalah pencapaian gemilang bagi ASYA di penghujung tahun 2021. Penghargaan ini menjadi bukti komitmen dan keseriusan kami untuk selalu menghadirkan projek properti berkualitas tinggi bagi masyarakat Indonesia. Pencapaian ini menjadi pendorong kami untuk terus mempertahankan prestasi dan performa yang lebih baik lagi sebagai pengembang sekaligus terus berinovasi mengembangkan dan membangun produk-produk hunian maupun properti lainnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat Jakarta dan sekitarnya,” ungkap Chief Marketing Officer PT Astra Modern Land, Irma Tjandra, dalam keterangan persnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya