Aplikasikan 5 Warna Cat Ini di Rumah? Begini Arti Psikologisnya

Ilustrasi hunian.
Sumber :
  • Pexels/Binyamin Mellish

VIVA – Ketika memilih warna cat rumah, umumnya seseorang hanya memilih berdasarkan selera atau warna yang disukai saja. Tapi tahukah kamu, lebih dari itu, warna-warna yang kamu aplikasikan ternyata memiliki arti psikologis tertentu lho. 

Meli Joker Tewas Bunuh Diri Sambil Live di Instagram, Psikolog Soroti Hal Ini

Baik warna gelap atau terang, keduanya memiliki arti masing-masing. Berikut arti dari beberapa warna cat rumah dilihat dari aspek psikologis, dilansir dari laman Reader's Digest, Minggu, 16 Januari 2022.

Ilustrasi rumah minimalis.

Photo :
  • U-Report
Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Warna cerah

Warna-warna cerah seperti nuansa hijau dan biru, kuning hingga jingga, memberikan kesan luas. Ini adalah warna yang ramah dan ceria yang mampu mendorong komunikasi. Oleh karena itu, warna cerah cocok diterapkan di ruang makan dan dapur. 

Memahami Depresi: Mengenali Tanda-Tandanya dan Cara Mencari Bantuan

Warna gelap

Warna gelap seperti merah, ungu, biru dan nuansa hijau gelap, memiliki efek sempit dan suram. Tetapi jika diterapkan di tempat yang tepat, warna-warna ini memiliki makna kenyamanan dan keamanan. 

Warna-warna hangat

Warna-warna hangat seperti oranye dan kuning, dapat meningkatkan suhu ruangan. Oleh karena itu, warna-warna ini paling baik digunakan di ruangan yang menghadap ke utara. Karena warna ini dapat menginspirasi aktivitas. Tapi, hindari penggunaan warna ini di kamar yang dimaksudkan untuk relaksasi, seperti kamar tidur. 

Warna dingin

Warna-warna seperti ice blue dan hijau memiliki efek menenangkan. Warna ini sangat cocok diaplikasikan di kamar tidur untuk membantumu merasa rileks saat tidur dan segar keesokan harinya. Seorang desainer interior bahkan tidak menyarankan penggunaan cat putih untuk langit-langit. 

Biru laut

Meski sedap dipandang, ternyata warna ini dapat menyurutkan keinginan seseorang untuk berkomunikasi. Jadi, sebaiknya jangan gunakan warna ini di ruang tamu dan ruang makan. 

Ilustrasi hunian

Photo :
  • Pexels/Pixabay

Di sisi lain, Nippon Paint meluncurkan tren warna atau Trend Beyond Colours dengan tema It’s Time to Reset. Tren Warna 2022 ini terinspirasi dari alam (Healing Nature), kesejahteraan (Total Wellbeing), kebersamaan (Better Together) dan momen yang berarti (Meaningful Moment).  

Marketing Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia, Linda Kam, mengatakan, warna-warna yang ditampilkan pada tren 2022 ini, mampu menciptakan suasana tenang dan nyaman bagi penghuninya untuk melakukan berbagai aktivitas di dalam rumah. 

"Seperti warna dengan nuansa hijau tropis yang menyegarkan, peach buah persik yang memberikan ketenangan, kuning kehijauan yang segar, dan warna madu cokelat yang hangat," ujar Linda.

Colourist Nippon Paint Indonesia, Endy Nahya,  menambahkan, saat ini fungsi rumah sudah mengalami perubahan yang signifikan sejak pandemi. 

"Sehingga diperlukan pemilihan warna yang tidak hanya sebagai dekorasi, namun membawa dampak terhadap psikologis suasana hati, dan juga multi-fungsional sebagai tempat bekerja, bersosialisasi, bermain dan beristirahat," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya